Saturday, September 12, 2015

Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas XII Beserta Jawabannya



Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 1 s.d. 3!
(1)  Tampaknya,  kepekaan  kita  pelan-pelan  menyusut  setelah  tragedi  demi  tragedi  itu  kini hampir  menjadi  rutin.  (2)  Kita  khawatir,  lama-lama,  semua  menjadi  biasa:  tidak  ada  yang  kita tangisi, sedih, dan berduka. (3) Sebab biasanya, sesuatu yang menjadi rutin, tidak lagi mengusik kita. (4) Ia seakan kehilangan makna: sama seperti kita membaca berita berbagai peristiwa keji di sekitar kita. (5) Paling-paling kita hanya bergumam pendek: sadis, tega, menyeramkan, atau yang lainnya. Setelah itu, kita pun melupakannya, kita tidak berpikir lebih jauh.
                       1.  Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
        a.       tragedi demi tragedi
        b.      kebiasaan suatu peristiwa
        c.       penyusutan rasa kepekaan
        d.      penghilangan suatu makna
        e.       kerutinitasan yang mengusik
                       2.   Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
a.        (1)
b.        (2)
c.        (3)
d.       (4)
e.        (5)
                       3.   Arti kata  tragedi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ....
         a.       kejadian luar biasa
         b.      peristiwa-peristiwa besar
         c.       kejadian-kejadian penting
         d.      cerita yang berakhir sedih
         e.       peristiwa yang menyedihkan
                       4.   Cermati paragraf berikut!
(1) Salah  satu  stasiun  televisi  swasta  pada  tayangan  dini  hari  di  akhir  pekan  beberapa waktu lalu, menyajikan wayang kulit, kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. (2) Saat itu,  para  penggemar  wayang  kulit  yang  tadinya  sukar  menyaksikan  kesenian  kesayangan mereka itu karena langkanya pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat tinggal, sangat terhibur dengan acara itu. (3)  Penayangan wayang kulit itu memudahkan penggemar atau  pemirsa  bersama  keluarga  menikmati  acaranya  di  layar  kaca  tanpa  harus  beranjak  dari rumah  mereka.  (4)  Acara  televisi  sekarang  sudah  beragam  sesuai  dengan  kebutuhan.  (5) Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisional tersebut.
                          Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
a.        (1)
b.        (2)
c.        (3)
d.       (4)
e.        (5)

      Cermati teks berikut untuk soal nomor 5 s.d. 7!
(1)      Kita menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi punya kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri kita sendiri. (2) Kita hanya peduli pada diri sendiri atau golongan sendiri. (3) Kita menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. (4) Contohnya dapat kita lihat di perumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok  tinggi  dan  tertutup  rapat,  serta  menutup  pintu  buat  orang  di  luar  diri  mereka.  (5) Tanpa sadar kita pun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas antara  kau dan  aku.
                       5.   Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
a.    (1)
b.    (2)
c.    (3)
d.   (4)
e.    (5)
                       6.   Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ...
a.    kita menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan.
b.    kita hanya peduli pada diri sendiri atau peduli pada golongan sendiri.
c.    kita menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak mempunyai kepekaan.
d.   rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi dan tertutup rapat.
e.    kesibukan  seseorang  akan  membuat  orang  tersebut  akan  terjebak  menjadi  pribadi-pribadi yang sibuk dengan dirinya sendiri.
                       7.   Tujuan penulis menguraikan hal dalam teks tersebut adalah ....
a.    mengimbau agar orang mau membantu sesama
b.    membandingkan situasi dulu dengan sekarang
c.    menjelaskan tentang sikap yang baik dan buruk
d.   menggambarkan sikap orang pada zaman sekarang
e.    menginformasikan sesuatu hal yang sangat penting
       Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Pemerintah menyediakan prasarana jalan yang memerlukan dana cukup tinggi dengan harapan para pengguna jalan bisa merasakan kenyamanan ketika mereka berkendaraan di jalan yang tersedia. Namun kenyataannya, apa yang kita temui pada kebanyakan jalan yang tersedia?
Tidak  jarang  para  pengguna  jalan  merasakan  adanya  gangguan  yang  cukup  berarti  ketika mereka menggunakan jalan. Apakah harapan pemerintah menjadi suatu kenyataan? Jawabannya tentu bisa kita rasakan.
Tampaknya  ada  hal  yang  juga  harus  diperhatikan  pemerintah.  Selain  membangun,  juga harus  disertai  dengan  pengawasan  lapangan  yang  ketat.  Kalau  sinkronisasi  ini  tidak  dilakukan, pembangunan  dalam  bidang  apa  pun  hanya  bersifat  menguras  dana  dan  menebalkan  sebagian kantong, tetapi hasil pembangunannya tidak akan pernah maksimal.
                       8.   Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
a.    Perlu adanya sinkronisasi antara pembangunan dan pengawasan.
b.    Pemerintah menghabiskan dana yang cukup besar untuk pembangunan jalan.
c.    Kenyamanan pemakaian jalan dirasakan secara maksimal oleh pengguna jalan.
d.   Tercapainya harapan pemerintah dengan mengeluarkan dana yang cukup tinggi.
e.    Tidak jarang pengguna jalan merasakan adanya gangguan akibat pembangunan jalan.
                       9.   Pihak yang dituju sesuai isi tajuk tersebut adalah ….
a.    pengguna jalan
b.    rakyat Indonesaia
c.    dinas perhubungan
d.   pengawas lapangan
e.    pemerintah Indonesia 

Cermati data diagram berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11! 

                       10.  Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi diagram tersebut adalah ...
a.    Jumlah pengangguran makin lama makin meningkat setiap tahun.
b.   Jumlah pengangguran setelah tahun 2012 mengalami penurunan yang drastis.
c.    Pengangguran paling banyak pada tahun 2012 dan tahun 2013.
d.   Tingkat pengangguran pada tahun 2012 hampir sama dengan tahun 2013.
e.    Dari tahun 2013 ke tahun 2014, jumlah pengangguran mengalami penurunan.
                       11.  Kalimat simpulan yang sesuai dengan  isi diagram tersebut adalah ...
a.    Naik turun jumlah pengangguran di Provinsi S terjadi pada tahun 2012–2014.
b.    Dari tahun 2012–2014 jumlah pengangguran di Provinsi S selalu menurun tajam.
c.    Jumlah pengangguran di Provinsi S dari tahun 2012–2014 mengalami pasang surut.
d.   Jumlah pengangguran selalu meningkat pada tahun 2012–2014 terjadi di Provinsi S.
e.    Kenaikan jumlah pengangguran di Provinsi S dari tahun 2012–2014 selalu konstan.

      Cermati kutipan hikayat berikut untuk soal nomor 12 dan 13!
Hatta  pada  keesokan  harinya,  raja  pun  berangkatlah  ke  luar  di  hadapan  orang  penuh  sesak. Maka titah raja, “Suruhkan orang memalu canang berkeliling negeri itu. Barangsiapa menumbuk padi empat gantang, sekamnya delapan gantang dipinta raja. Jikalau  tiada diberi demikian, mereka  itu  dibunuh  serta  dirampas  hartanya  dan  anak  bininya  dijualkan,”  demikianlah  titah.  Setelah didengar segala orang isi negeri itu, masing-masing duka cita menjadi huru-haralah isi negeri itu, masing-masing membawa dirinya berpindah ke sana ke mari, ke luar padang hutan, terbanyak pula pindah ke negeri lain.
Maka  perdana  menteri  masuklah  persembahkan  perihalnya  negeri  itu  amat  huru-hara,  habis berpindah bala tentara oleh terderitanya hukum raja itu ... ( Hikayat Bayan Budiman)
                       12.  Nilai moral yang terkandung dalam  kutipan  tersebut adalah ...
a.         Rakyat rela mengorbankan harta dan  jiwanya untuk raja.
b.         Rakyat dan  raja yang saling berselisih dan bermusuhan.
c.         Perilaku raja yang menghukum  rakyatnya dengan  kejam.
d.        Kewajiban rakyat yang menerima hukuman dari rajanya.
e.         Raja yang menegakkan peraturan dengan tegas dan  tepat.
                       13.  Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
a.         Patuhilah segala perintah  pimpinan agar diri selamat.
b.        Raja yang kejam akan ditinggalkan oleh rakyatnya.
c.         Rakyat dan  raja hendaknya saling menghormati.
d.        Raja harus bertindak tegas menegakkan peraturan.
e.         Janganlah meninggalkan negeri karena kekejaman raja.
Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Kini, kembali ia akan menyeberangi sebuah sungai. Sekali ini bukan sungai kecil, melainkan salah satu sungai yang terbesar di Jawa Tengah, Sungai Serayu.
Sersan Kasim adalah Kepala Regu 3, Peleton 2 dari kompi TNI terakhir yang akan kembali ke daerah operasinya di Jawa Barat. Tentara Belanda telah menduduki Yogya, persetujuan gencatan senjata telah dilanggar, dan Republik tidak merasa terikat lagi oleh perjanjian yang sudah ada.
Jam  satu  malam:  cuaca  gulita  dan  murung,  hujan  turun  selembut  embun  namun  cukup membasahkan. Hati-hati Kasim memimpin anak buahnya menuruni tebing yang curam dan licin. Ia  sendiri  berjalan  sangat  hati-hati,  menggendong  bayi  pada  panggulnya,  sebelah  kiri.  Di  bahu kanan bergantung sebuah sten. Hanya samar-samar matanya yang terlatih melihat orang berjalan di depannya. Untuk memudahkan penglihatan, tiap-tiap prajurit yang kurang baik matanya, memasang sepotong cendawan yang berpijar pada punggung kawan yang berjalan di mukanya.
                                                                                                               Sungai,  Nugroho Notosusanto
                       14.  Pernyataan yang menunjukkan bahwa Kasim  seorang yang berwatak  hati-hati  adalah ...
a.         Sersan Kasim Kepala Regu 3, Peleton 2 dari kompi TNI yang ditugasi di Jawa Barat.
b.         Ia hati-hati menyeberangi sungai yang bukan sungai kecil, melainkan sungai terbesar.
c.         Kasim hati-hati memimpin anak buahnya menuruni tebing dan sangat hati-hati berjalan.
d.        Kasim dengan cermat mempersiapkan pasukannya melawan Tentara Belanda di Yogya.
e.         Sersan Kasim berhati-hati menghadapi musuh yang melanggar persetujuan gencatan senjata.
                       15.  Pendeskripsian watak  Kasim dalam  kutipan tersebut adalah ....
a.         secara langsung
b.         dialog antartokoh
c.         tanggapan tokoh  lain
d.        pikiran-pikiran tokoh
e.         keadaan di sekitar tokoh

                       16.  Cermati kutipan berikut!
(1)  Suatu  hari  Ben  mengajak  Frist  berkunjung  ke  asrama  guru-guru  SKP.  (2)  Ia  ingin bertemu dengan Sofie yang cantik dan ramah. (3) Ia sangat merindukan gadis itu. (4) Kedatangan mereka disambut Sofie dengan gembira.  (5) Sebenarnya Sofie diam-diam menaruh hati pada Ben.  (6) Sebelum Ben dan Frist pulang, Sofie meminta Ben menuliskan sesuatu pada album miliknya. (7) Dengan senang hati, Ben menggoreskan penanya pada album itu dengan kata-kata yang indah sehingga Sofie merasa sangat senang.
     Bukti bahwa latar suasana menyenangkan  dalam kutipan tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
a.         (1) dan (2)
b.         (3) dan (4)
c.         (4) dan (5)
d.        (5) dan (6)
e.         (6) dan (7)
Cermati kutipan drama berikut untuk soal nomor 17 dan 18!
(1)  Alia    :“Setelah kita selesai Ujian Nasional, rencana pergi jalan-jalan ke perkampungan suku Badui, jadi kan Tin?” (tersenyum ceria ).
(2)  Tina    :  ”Jangan Al, kita masih banyak memerlukan biaya.”
(3)  Alia    :”Ya Tin, tapi kita harus ingat, inilah kesempatan kita berkumpul dan bersenang-senang sebelum     berpisah.” (menepuk bahu Tina ).
(4)  Tina    :Ya, iya, tapi kita juga harus memikirkan nasib kita untuk persiapan masuk perguruan tinggi yang memerlukan biaya yang cukup besar. ( keduanya merengeng ). Yah…, keinginan tinggal keinginan, tapi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan Al, terutama saya.
                       17.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog Tina nomor (4) adalah ...
a.         Menurutkan hati mati, menurutkan mata buta.
b.         Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang.
c.         Keluar dari mulut harimau, masuk ke mulut buaya.
d.        Melangkah peliharakan kaki, berkata peliharakan lidah.
e.         Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.

                       18.  Hal yang merupakan konflik dalam kutipan drama tersebut adalah ...
a.         perselisihan antarsahabat
b.         penolakan suatu pendapat
c.         keinginan yang berlebihan
d.        kemarahan seorang sahabat
e.         tidak terwujudnya keinginan
                       19.  Cermati paragraf berikut!
Tiap  hari  orang  membicarakan  kelakuan  Aminah.  Sudah  banyak  orang  muak  melihat perangainya. Kata orang tua, kelakuannya sudah “...”, perbuatannya sudah melebihi kewajaran adat kita sebagai orang timur.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.         melanggar hati
b.        melanggar batas
c.         melanggar tanda
d.        melanggar bahasa
e.         melanggar sumpah
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21!
Rasanya Baru kemarin
(oleh Gus Mus,  25 Agustus 2005 )
Rasanya 
Baru kemarin  
Padahal sudah lebih setengah abad kita merdeka.  

Pahlawan-pahlawan idola bangsa  
Seperti Pangeran Diponegoro 
Imam Bonjol, dan Sisingamangaraja  
Sudah dikalahkan oleh Sin Chan, Baja Hitam 
dan Kura-kura Ninja  

Banyak orang pandai sudah semakin linglung 
Banyak orang bodoh sudah semakin bingung 
Banyak orang kaya sudah semakin kekurangan 
Banyak orang miskin sudah semakin kecurangan  

Rasanya 
Baru kemarin
                       20.  Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ....
a.         ketakutan
b.         kemarahan
c.         keheningan
d.        kegelisahan
e.         kekecewaan
                       21.  Kata “kemarin” yang bergaris bawah pada larik pertama puisi tersebut bermakna ....
a.         cepatnya waktu berlalu
b.         kejadian zaman dahulu
c.         terjadinya perubahan waktu
d.        teringat kenangan tempo dulu
e.         telah terjadinya perbedaan waktu
                       22.  Cermati paragraf berikut!
Adanya pendekatan baru terhadap konflik yang sudah ada atau munculnya pemimpin baru bagi munculnya visi dan inisiatif baru, acapkali memang diperlukan ... diperoleh suasana segar atau bahkan terobosan. Urgensi penyelesaian konflik-konflik lama kita pandang semakin mendesak ... berbagai isu baru muncul, ... halnya pemanasan global ... penyakit flu burung.
Kata  penghubung  yang  tepat  untuk  melengkapi  bagian  yang  rumpang  pada  paragraf  tersebut adalah ....
a.         jika, hingga, begitu pula, serta
b.         namun, dan, hingga, juga
c.         hingga, agar, yang, dan
d.        agar, juga, dan, serta
e.         agar, ketika, seperti, dan
                       23.  Cermati paragraf berikut!
Bila kita mengambil suatu keputusan, sebaiknya ... dulu. Apalagi dalam mengikuti mode ...  sekarang.  Banyak  anak  remaja  yang  salah  ...  dan  mengambil  keputusan  mengikuti  mode. Mereka  tidak  mau  mendengar  ...  siapa  pun.  Karena  pengertian  ...  menurut  mereka  tidak memiliki konsep yang benar.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.         dipikirkan, zaman, menafsirkan, nasihat, modern
b.         dipikirkan, jaman, mentafsirkan, nasehat, modern
c.         difikirkan, zaman, mentafsirkan, nasehat, modern
d.        difikirkan, zaman, menafsirkan, nasehat, moderen
e.         dipikirkan, jaman, menafsirkan, nasihat, moderen

                       24.  Cermati paragraf berikut!
Pers  janganlah  berjalan  sendiri-sendiri.  Kita  sangat  ...  adanya  kebijakan  dan  kerja  sama Pemerintah dengan pihak pers yang memiliki kemampuan strategis untuk ... berbagai informasi dengan cepat kepada masyarakat. Hal ini, untuk menghindari … kedua belah pihak.
                          Kata berimbuhan  yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
a.         berharap, sebar luaskan, disalah pahamkan
b.        mengharapkan, menyebarluaskan, kesalahpahaman
c.         mengharap, menyebar luaskan, penyalahpahaman
d.        diharapkan, menyebar luas, bersalah paham
e.         mengharap, menyebarluas, tesalahpahamkan
                        25.  Cermati paragraf berikut!
Konsumsi  jasa  dalam  bentuk  komoditas  wisata  bagi  sebagian  masyarakat  negara  maju dan  masyarakat  Indonesia  telah  menjadi  salah  satu  kebutuhan  sebagai  akibat  meningkatnya pendapatan,  aspirasi,  dan  kesejahteraannya.  Preferensi  dan  motivasi  wisatawan  berkembang secara  dinamis.  Kecenderungan  pemenuhan  kebutuhan  dalam  bentuk  menikmati  objek-objek spesifik seperti udara yang segar, pemandangan yang indah, pengolahan produk secara tradisional, produk-produk pertanian modern, dan spesifik menunjukkan peningkatan yang pesat.  Kecenderungan  ini  merupakan  signal   tingginya  permintaan  akan  Wisata  Agro  dan sekaligus membuka peluang bagi pengembangan produk-produk agrobisnis, baik dalam bentuk kawasan maupun produk pertanian yang mempunyai daya tarik spesifik. ...
Kalimat yang berupa akibat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
a.         Jadi,  pada  dekade  terakhir,  pembangunan  pariwisata  di  Indonesia  dan  di  mancanegara menunjukkan kecenderungan terus meningkat.
b.         Peningkatan  difokuskan  kepada  peningkatan  produksi  tanaman  pangan  dan  komoditi perdagangan tradisional ini karena menampakkan hasil.
c.         Kondisi  tersebut  menyebabkan  pembangunan  pertanian  belum  optimal  sesuai  dengan potensinya yang dibutuhkan dan diharapkan masyarakat.
d.        Dengan demikian pada masa mendatang, pembangunan pariwisata dan pertanian di Indonesia dan di mancanegara cenderung terus meningkat.
e.         Dalam kurun waktu yang sangat panjang perhatian pembangunan pertanian terfokus kepada peningkatan produksi tertentu dan komoditi perdagangan tradisional.

                       26.  Cermati kutipan pidato berikut!
                         Saudara-saudara yang saya hormati,
Pembangunan  agrobisnis  merupakan  paradigma  pembangunan  pertanian  yang  didasarkan pada  prinsip-prinsip  bisnis.  Dengan  demikian  secara  otomatis,  strategi  ini  dibangun  dengan mempertimbangkan dinamika yang terjadi. Untuk meningkatkan daya saing agrobisnis dalam perdagangan  global,  upaya  pertama  yang  harus  dilakukan  adalah  meningkatkan  akses  para pelaku agrobisnis pada pasar, baik pasar domestik maupun pasar global.
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.       Kondisi perekonomian dan persaingan global yang semakin kompleks menuntut kreativitas pengembangan usaha yang kompetitif.
b.      Untuk itu, diperlukan langkah-langkah bersama antara pemerintah, pengusaha wisata agro, lembaga terkait, dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja.
c.       Lakukan upaya meningkatkan kemampuan para pelaku agrobisnis untuk mengidentifikasi peluang pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar tersebut.
d.      Wisata  agro  merupakan  salah  satu  usaha  agrobisnis  yang  prospektif  untuk  dikembangkan, sesuai dengan perannya dalam pembangunan ekonomi nasional dan persaingan.
e.       Namun demikian, tantangan yang dihadapi dalam pembangunan wisata agro ke depan sangat besar, terutama berkaitan dengan kesiapan SDM, promosi, dan dukungan prasarana.
                        27.  Bacalah iklan berikut dengan cermat!
Beberapa tenaga kerja dibutuhkan oleh PT Cendekia untuk tenaga pemasaran.
Persyaratan sebagai berikut:
(1)  Pendidikan S-1, DIII
(2)  Usia maks 25 th.
(3)  Pengalaman kerja min. 1 th
Kirim Lamaran ke PO Box 123/Jkt 1004
Perubahan,  5 Februari 2015
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ....
a.       Membaca iklan yang dimuat di Perubahan,  5 Februari 2015 maka saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran di PT Cendekia.
b.      Berdasarkan  dengan  iklan  yang  dimuat  di Perubahan,   5  Februari  2015,  saya  mengajukan lamaran pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan di PT Cendekia.
c.       Dengan iklan yang dimuat di Perubahan,  5 Februari 2015 makanya saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran PT Cendekia.
d.      Berminat dengan iklan yang dimuat di Perubahan,  5 Februari 2015, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk pengisian tenaga kerja itu di PT Cendekia.
e.       Sehubungan  dengan  iklan  yang  dimuat  di Perubahan,   5  Februari  2015,  saya  mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran di PT Cendekia.

                         28.  Cermati ilustrasi berikut!
Seorang siswa SMA, Program IPS bernama Astuti usia 20 tahun ingin menulis surat lamaran pekerjaan yang akan ditujukan ke sebuah perusahaan garmen untuk tenaga pemasaran.
       Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...  
a.       Saya Astuti, berusia 20 tahun, tamatan SMA, Program IPS mengajukan lamaran pekerjaan untuk tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
b.      Saya Astuti  berusia  20  tahun,  tamatan  SMA,  Program  IPS  mengajukan  lamaran  pekerjaan untuk tujuan tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
c.       Saya  Astuti  berusia  20  tahun,  yang  mana  saya  tamatan  SMA,  Program  IPS  mengajukan lamaran pekerjaan untuk tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
d.      Saya Astuti yang mana berusia 20 tahun, tamatan SMA, Program IPS mengajukan lamaran pekerjaan untuk tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
e.       Saya Astuti berusia 20 tahun, yang tamatan SMA, Program IPS dimana ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk tujuan tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.

29.  Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.
Perbaikan yang tepat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
a.       Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
b.      Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih.
c.       Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.
d.      Atas bantuan Saudara saya mengucapkan terima kasih banyak.
30.  Perhatikan urutan kalimat berikut!
(1)  Pemerintah berperan penting pula dalam pengaturan agar tidak terjadi iklim usaha yang saling mematikan.
(2)  Pengembangan wisata agro memerlukan dukungan semua pihak, terutama pemerintah.
(3)  Untuk,  itu  kerja  sama  yang  baik  antara  pengusaha  objek  wisata  agro  dengan  pemerintah sangat penting.
(4)  Pemerintah  bertindak  sebagai  fasilitator  dalam  mendukung  berkembangnya  wisata  agro dalam bentuk kemudahan perizinan dan lainnya.
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....
a.      (2), (4), (1), dan (3)
b.      (2), (3), (1), dan (4)
c.       (3), (4), (1), dan (2)
d.      (4), (3), (1), dan (2)
e.       (4), (1), (2), dan (3)

31.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Pukul satu malam saat itu cuaca sangat gelap. Hujan turun sangat lebat, seakan dicurahkan dari langit. Sambil berpegangan, kami menuruni tebing yang curam dan licin melewati jalan setapak di pinggir kali. Hanya samar-samar di antara kilat dan petir membantu menerangi jalan setapak yang kami lalui. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang atau melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
a.       Dedaunan melambai lemah gemulai di tepi sungai.
b.      Air sungai sangat gemuruh memekakkan telinga kami.
c.       Betapa kerasnya bunyi petir yang memecah kesunyian.
d.      Terlihatlah sepintas-sepintas jalan setapak itu becek dan licin.
e.       Tidak ada tempat kami untuk berteduh menunggu hujan reda.

32.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Air sungai mengalir ... . Dengan perahu kecil, kami menyeberangi sungai itu. Sungai itu ... . Dasar sungai ... . Yang terlihat hanya permukaan air ... . Kekeruhan airnya mengeluarkan bau ....
Frasa kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ....
a.       deras sekali, sangat lebar, agak dalam, sangat keruh, agak busuk
b.      sedikit deras, agak lebar, sedikit dalam, sedikit keruh, sudah busuk
c.       deras sekali, sangat lebar, sangat dalam, sangat keruh, agak busuk
d.      sedikit deras, sangat lebar, sangat dalam, sedikit keruh, agak busuk
e.       deras sekali, hampir lebar, sangat dalam, sangat keruh, tidak busuk

 33.  Bacalah kutipan narasi berikut!
Seperti  juga  tetangganya,  orang  itu  tak  pernah  bosan  untuk  bersiul.  Mengajari  burung bernyanyi dengan irama yang tidak pasti. Setiap sore dan pagi hari, ia berdiri di depan rumah. Memberi makan dan minum melebihi anaknya sendiri. Ketan hitam, buah pisang dan gabah, juga air yang telah direbus dengan daun jambu, selalu ada di kepalanya. ... Ia memaki-maki pita suara dalam tenggorokan lalu amarah merasuk di dada pemiliknya. Mengajak anggota badan untuk  bertindak.  Menggerakkan  kedua  lengannya  yang  kokoh  untuk  membanting  sangkar sampai  roboh  ke  tanah.  Dan  burung  pun  terbang,  tergopoh-gopoh,  mencari  kebebasan  yang telah lama dirindukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...
a.       Dia mencari berbagai cara agar kelak burungnya menjadi juara bunyi terindah.
b.      Burung semakin lincah, gembira, dan terbang ke sana ke mari dan berputar-putar.
c.       Akibatnya, burung itu pun bisa bernyanyi dengan suara nyaring dan merdu sekali.
d.      Begitu cinta dia terhadap burung kesayangannya, melebihi sayang kepada anaknya.
e.       Akan tetapi, burung tak juga pandai bernyanyi, kecuali berteriak dengan suara serak.

34.  Cermati judul karangan berikut!
Saya  sangat  suka  membaca  bukumu  yang  berjudul  “perlunya  digalakkan  gemar  menulis kepada murid sekolah dasar”.
Perbaikan penulisan judul karangan tersebut sesuai EYD adalah ....
a.       Perlunya digalakkan gemar menulis kepada murid sekolah dasar
b.      ”perlunya digalakkan gemar menulis kepada murid sekolah dasar”
c.       Perlunya digalakkan Gemar Menulis kepada murid sekolah dasar
d.      Perlunya Digalakkan Gemar Menulis kepada Murid Sekolah Dasar
e.       ”Perlunya Digalakkan Gemar Menulis Pada Murid Sekolah Dasar”

35.  Cermati paragraf berikut!
Sejumlah ... mahasiswa dari Perguruan Tinggi X meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan karena  dua  hal  itu  memiliki  esensi  dan  pemicu  perbedaan.  Mereka  menolak  kedua  hal  itu digeneralisasi untuk menyebut mahasiswa ... . Aksi demo diyakini sebagai wujud panggilan jiwa dan ... sosial mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. Sementara tawuran adalah perbuatan ... yang kerap terjadi akibat solidaritas dan fanatisme yang sempit antarkelompok mahasiswa. Untuk menyikapi kebijakan pemerintah dan tawuran adalah dua hal yang sangat berbeda. Secara ... dan tujuan juga sama sekali tidak berhubungan dengan masalah.
Kata serapan yang baku untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.      aktivis, anarkis, solidaritas, kriminal, konteks
b.      aktivis, anarhkis, solideritas, kriminal, kontek
c.       aktifis, anarkhis, solideritas, kriminil, kontek
d.      aktifis, anarkis, solideritas, kriminal, kontek
e.       aktivis, anarkis, solidaritas, kriminil, konteks

36.  Cermati kutipan karya tulis berikut!
Tugas daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu memberikan kasih sayang serta pendidikan yang cukup daripadanya .
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ...
a.      Tugas  orang  tua  terhadap  anaknya,  yaitu  memberikan  kasih  sayang  dan  pendidikan  yang cukup.
b.      Tugas daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu memberikan kasih sayang serta pendidikan cukup.
c.       Tugas daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu memberikan daripadanya kasih sayang dan pendidikan cukup.
d.      Tugas  orang  tua  terhadap  anaknya,  yaitu  memberikan  daripadanya  kasih  sayang  dan pendidikan yang cukup.
e.       Tugas orang tua terhadap anaknya, yang mana memberikan kasih sayang serta pendidikan yang cukup daripadanya.

37.  Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf     : kemenarikan wisata Danau Kembar di Sumatra Barat
Kalimat penjelas :
(1)  Suasana  alam  dan  keindahan  alam  Indonesia  sudah  terkenal  ke  mancanegara  karena keindahannya tidak ada bandingannya.
(2)  Selain  tempat  wisata,  kawasan  Danau  Kembar  dapat  pula  digunakan  untuk out-bond  (pelatihan di alam bebas),  tracking , olahraga air, dan sebagainya.
(3)  Di kawasan danau disediakan perahu yang bisa disewa wisatawan untuk berkeliling atau melakukan olahraga air.
(4)  Wisatawan  tidak  hanya  memetik  buah  markisa  atau  buah  stroberi  yang  ada  di  kawasan danau, tetapi juga sekaligus bisa membuat jus buah tersebut di tempat.
(5)  Waktu libur yang paling bermanfaat digunakan keluarga, yaitu berdarmawisata ke Danau Kembar di Sumatra Barat.
Kalimat penjelas yang sesuai dengan topik adalah nomor ....
a.       (1), (2), dan (4)
b.      (2), (3), dan (4)
c.       (2), (3), dan (5)
d.      (2), (4), dan (5)
e.       (3), (4), dan (5)
Cermati topik berikut untuk menjawab soal nomor 38 dan 39!
Topik karangan ilmiah :  Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
38.  Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
a.         Banyak siswa kurang bersemangat mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru di kelas.
b.         Keberhasilan  pembelajaran  Bahasa  Indonesia  di  sekolah  sangat  ditentukan  oleh  siswa  dan guru yang mengajar.
c.         Guru  banyak  mengeluhkan  prestasi  siswa,  terutama  disebabkan  oleh  lemahnya  daya  serap dan semangat belajarnya.
d.        Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif tidak hanya selalu ditentukan oleh keberhasilan guru, tetapi juga oleh siswa.
e.         Berbagai  upaya  dilakukan  guru  untuk  meningkatkan  semangat  siswa  dalam  mengikuti
pembelajaran Bahasa Indonesia.

39.  Kalimat rumusan masalah sesuai topik tersebut adalah …
a.         Bagaimana  upaya  guru  untuk  meningkatkan  motivasi  siswa  dalam  pembelajaran  Bahasa
Indonesia?
b.         Siapa  saja  yang  terlibat  untuk  meningkatkan  motivasi  siswa  dalam pembelajaran  Bahasa Indonesia?
c.         Di  mana  saja  tempat  untuk  meningkatkan  motivasi  siswa  dalam  pembelajaran  Bahasa Indonesia?
d.        Apakah  perlu  untuk  mengupayakan  meningkatkan  motivasi  siswa  dalam  pembelajaran Bahasa Indonesia?
e.         Apa alasannya guru untuk mengupayakan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia?

40.  Cermati puisi berikut!

Pemberontakan
Waktu ku kecil
Semua kuingat
Semua kulakukan
Semua sesuai yang kau mau
Ku tak berani langgar larang pantangmu Bunda
Tapi kini,
Biarlah kutentukan sikap jadi diriku
Kugapai anganku
...
Lepaskan kakiku melangkah merdeka
Merdeka bukan berarti aku durhaka
Aku ingin buktikan padamu Bundaku
Wujudkan impianku, restui aku
Pasti kelak kaubangga yang kupunya
(AA)
Majas yang tepat untuk mengisi larik yang rumpang (bertitik-titik) pada puisi tersebut adalah ...
a.       Aku akan pergi
b.      Aku sudah dewasa
c.       Kasihanlah kepadaku
d.      Jangan pasung lagi aku
e.       Aku tidak lupa kepadamu

41.  Bacalah pantun berikut!
Induk ayam di atas jerami
Mencari makan mengais-ngais
Mau tahu teman sejati
….
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
a.       Tidak ada yang mengemis
b.      Itu tanda anak yang manis
c.       Sama suka, sama menangis
d.      Yang penting senyum manis
e.       Janganlah mudah ia menangis

42.  Cermati gurindam berikut!
Barang siapa mengenal Allah,
suruh dan tegahnya tiada ia menyalah.
Maksud gurindam tersebut adalah …
a.       Seseorang yang selalu mensyukuri atas segala rahmat dari Allah, berarti telah mendapatkan hidayah dari Allah.
b.      Orang yang tidak menjalankan kebaikan dan selalu berbuat kejahatan dalam hidupnya, Allah tidak akan menyayanginya.
c.       Mengenal  Tuhan  adalah  menjauhi  segala  larangan-Nya,  yaitu  perbuatan  dosa  dan melaksanakan suruhan dan perintah-Nya.
d.      Bila seseorang menghindari perbuatan jahat dan menjauhi perbuatan dosa, akan mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.
e.       Seseorang  yang  berada  pada  kebimbangan,  tidak  yakin  dengan  adanya Allah,  dan  keragu-raguan dalam hidupnya, berarti tidak mengenal Allah.

43.  Cermati kutipan hikayat berikut!
Maka  Seri  Rama  pun  bertanya,  ”Hai  burung,  adakah  engkau  lihat  istriku  dilarikan
orang?”
Sahut  burung  jantan  itu,  ”Engkaukah  yang  bernama  Seri  Rama?  Aku  dengar  masyhur
namamu laki-laki dan gagah berani tiada terlawan di tengah medan peperangan. Akan binimu
tiadalah terpelihara, perempuan seorang; lihatlah olehmu aku ini, empat ekor biniku lagi dapat
aku  peliharakan,  konon  engkau  manusia  dua  orang  pula  dengan  saudaramu  tiadalah  dapat
memelihara binimu seorang itu.”
Maka kata Seri Rama, ”Hai burung jantan, tiadakah kasihanmu akan daku melihat serupa
ini,  maka  engkau  berkata  garang  ini. Aku  pinta  kepada  Dewata  Mulia  Raya,  semoga-moga
binimu lenyap daripada mata engkau, tiadalah engkau lihat dia hampir dengan engkau.”
Maka dengan takdir Dewata Mulia Raya, pada tatkala itu juga burung jantan itu pun butalah
dan bininya yang empat ekor itu pun duduk di sisinya, tiadalah dilihatnya lagi.
Hikayat Seri Rama
Karakteristik sastra Melayu Klasik yang tampak pada kutipan tersebut adalah ....
a.      ada tokohnya berupa binatang dan kesaktian seseorang
b.      peperangan perebutan kekuasaan dan kemustahilan
c.       kesaktian yang dimiliki seseorang dan istanasentris
d.      masalah keagamaan, yaitu Islam dan tokohnya binatang
e.       istanasentris, yaitu raja yang bijaksana dan kemustahilan

Bacalah kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 44 s.d. 47!
Dengan sedih aku memandang ke luar. Aku tidak pernah lagi memandangi wajahnya. Bagiku
segala yang membikinku sakit terkumpul di sana.
”Aku sudah memutuskan untuk pergi seorang diri, dan akan tetap terjadi demikian,” katanya
lagi.
”Aku  juga  mempunyai  keputusan,”  kataku  perlahan.  Kalau  terjadi  apa-apa  dengan  dirimu
aku tidak akan menangisimu. Aku juga tidak akan mau bersusah payah langkahku terhambat oleh
seorang  anak  kecil  yang  lahir  dari  kau.  Dia  akan  kuberikan  pada  sebuah  rumah  penitipan  anak-anak. Aku tidak mau membawanya bersamaku.”
Sebentar dia tidak bersuara seolah tidak mengerti apa maksudku.
”Bagaimana?” Akhirnya dia bertanya.
”Kalau kau mati dalam perjalanan itu, anak kita akan kumasukkan ke rumah sosial.”
”Kau tidak bersungguh-sungguh. Kau gila!” serunya. Matanya melotot menatapku.
”Aku mengatakan apa yang kupikir.”
”Aku tidak percaya!” dan dia memaksa merendahkan suaranya.
”Kau seorang ibu, hanya dari kaulah anakmu akan mendapatkan cinta yang sebenarnya. Aku tidak percaya.”
”Aku tidak peduli kau percaya atau tidak. Bagiku anakku merupakan penghambat yang besar
kalau aku harus bekerja mencari nafkah di Eropa. Aku bukan lagi warga negara Indonesia dan aku
tidak mau kembali ke negeriku untuk bekerja. Aku akan memilih negeriku yang kedua. Kau selalu
berkata bahwa aku tidak akan bisa mengerjakan sesuatu pun di negerimu. Tetapi aku akan mencoba
dan aku akan membuktikan bahwa aku juga sanggup mencari kehidupan di negeri itu sebagaimana
orang-orang di sana.”
Dengan  keheranan  dia  memandang  kepadaku.  Seolah  mengukur  tubuhku,  melihat  seekor
binatang  mengerikan  yang  baru  kali  itu  dilihatnya.  Tiba-tiba  dia  terduduk,  menutup  mukanya
dengan kedua tangan.
”Tidak, aku tidak percaya. Perempuan apakah yang telah kukawini ini?” setengah berbisik aku mendengar kata-katanya.
(  Pada Sebuah Kapal, Nh. Dini)44.  Watak tokoh aku (istri)  dalam kutipan novel tersebut adalah ….
a.         keras dan egoistis
b.         perasa dan melankolis
c.         ambisius dan materialistis
d.        cerewet dan berprasangka
e.         acuh tak acuh dan emosional
45.  Amanat utama yang sesuai dengan isi kutipan novel tersebut adalah …
a.         Janganlah melakukan perkawinan campuran karena perkawinan campuran akan mendatangkan perceraian kelaknya.
b.         Seorang  istri  yang  baik  harus  siap  menghadapi  kematian  suami  dan  berjanji  tidak  akan menangisi kematian suaminya kelak.
c.         Seorang  Indonesia  hendaklah  tidak  mengganti  kewarganegaraannya  karena  akan  menjadi masalah di kemudian hari dalam rumah tangganya.
d.        Suami tidak perlu bekerja, tetapi seorang suami selalulah berkumpul dengan anak-istrinya
untuk membesarkan anak karena anak tanggung jawab berdua.
e.         Janganlah  seorang  ibu  mengabaikan  anaknya  demi  menunjukkan  keegoisannya  kepada suaminya karena kodrat seorang ibu harus mengasuh anaknya.
46.  Mengapa  si  suami   sampai  mengungkapkan  kalimat,  ”Perempuan  apakah  yang telah  kukawini ini?”
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi kutipan adalah …
a.       Si istri tidak mau ditinggal dan selalu ingin ikut ke mana pun suaminya dalam menjalankan tugas.
b.      Si suami menyesali dirinya karena telah memiliki anak bersama istrinya yang ternyata tidak dicintainya.
c.       Si istri bukan lagi warga negara Indonesia dan dia tidak mau kembali ke negerinya lagi untuk bekerja.
d.      Si  suami  merasa  tersaingi  oleh  si  istri  karena  si  istri  juga  sanggup  mencari  nafkah  untuk kehidupannya.
e.       Istrinya tidak mau mengasuh anak mereka dan akan memberikannya kepada sebuah rumah penitipan anak-anak.
47.  Nilai sosial dalam kutipan yang masih terdapat dalam kehidupan saat ini adalah ….
a.         Suami yang menggantikan istri dalam mengasuh anak bayi mereka.
b.         Istri yang menggantikan posisi suami dalam mencari nafkah keluarga.
c.         Seorang suami yang memberikan nafkah yang cukup kepada keluarganya.
d.        Seorang ibu yang berkewajiban mengasuh bayi atau anaknya yang masih kecil.
e.         Suami-istri yang berfungsi sama dalam mengasuh dan mencari nafkah keluarga.

48.  Cermati kutipan puisi berikut!
Ada Satu Waktu
Ada satu waktu
kita berdiam-diam saja
tidak mengemukakan
bicara apa-apa;
ketika ketahuan semua ternganga
memutuskan lebih baik
menutup katup
mulut dan suara.
Oleh: Masuri
Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...
a.       Semua larik puisi Ada Satu Waktu menggunakan kalimat sempurna, tetapi kalimatnya pendek-pendek.
b.      Pada larik puisi  Ada Satu Waktu,  si penyair mengatur kata setiap larik dengan sama jumlah kata, yaitu tiga kata.
c.       Kalimat-kalimat  terputus  digunakan  dalam  puisi Ada  Satu  Waktu  dan  kalimat-kalimat  itu tidak mengandung nilai-nilai.
d.      Judul puisi  Ada Satu Waktu dengan isi larik tidak ada kesinambungan atau hanya penggalan-penggalan kalimat.
e.       Larik puisi  Ada Satu Waktu tidak setiap lariknya diisi oleh satu kalimat utuh, tetapi sebuah kalimat dipilah ke dalam delapan larik.

49.  Cermati penjelasan berikut!
Bahasa Melayu yang berasal dari daerah Riau dan Malaka itu, berkembang dan menyebar
ke seluruh pelosok nusantara yang dibawa oleh pedagang. Kemudian bahasa ini dipakai pada
ragam  karya  sastra  puisi.  Sastra  Melayu  yang  pertama  berbentuk  mantra,  pantun,  dan  syair.
Kemudian,  bermunculan  pantun  kilat  (karmina),  seloka,  talibun,  dan  gurindam,  semuanya
menggunakan bahasa Melayu. Sementara itu, pada ragam karya sastra prosa, Sastra Melayu
yang pertama berbentuk cerita-cerita pelipur lara dan dongeng-dongeng. Dongeng itu meliputi
legenda, sage, fabel, parabel, mite, dan cerita jenaka atau orang-orang malang/pandir. Bahkan,
ragam karya Sastra Melayu ada yang berbentuk hikayat, tambo, cerita berbingkai, dan wiracarita
(cerita panji). Pada cerita dongeng sering isinya mengenai cerita kerajaan (istanasentris) dan
fantastis. Kadang-kadang cerita tersebut di luar jangkauan akal manusia (pralogis).
Kalimat esai yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
a.        Oleh  sebab  itu,  setelah  masyarakat  Melayu  mengenal  tulisan,  karya-karya  tersebut  mulai dituliskan dalam bahasa Melayu lama.
b.        Dengan demikian, Sastra Melayu yang dihasilkan selalu berisikan hal-hal yang bersifat moral dan nasihat dalam bahasa Melayu.
c.        Karenanya, alat penyampaian sastra lama adalah bahasa Melayu dan yang sering menimbulkan bahasa yang sama atau klise.
d.       Tampaknya  sastra  Melayu  lahir  sejak  bahasa  Melayu  itu  muncul,  baik  itu  dalam  berbagai bentuk puisi lama maupun berbagai prosa lama.
e.        Tentu, pengarang pada masa Melayu lama belum ada, oleh para ahli sastra masa itu tanpa menyebut pengarangnya dan tanggal penulisannya (anonim).

50.  Bacalah penjelasan buku berikut!
Sebagai  sarana  penyampaian  pikiran  dan  perasaan,  Marah  Rusli  masih  ragu-ragu  dalam
menggunakan bentuk fiksi yang sebenarnya dalam Sitti Nurbaya yang terdiri atas 271 halaman
itu.  Dalam  beberapa  bagian,  ia  masih  menggunakan  pola  hikayat  dalam  wacana  dan  cara
bertutur. Ada  kesan  penyalinan  bahasa  lisan  ke  dalam  bahasa  tulisan  yang  membuat  novel
berada  pada  batas  antara  produk  kisah  yang  murni  sastra  tulis  yang  baku  atau  wujud  sastra
lisan yang dituliskan sehingga menghasilkan sastra lisan-tulisan. Dalam beberapa bagian, sifat
tradisional  muncul  terutama  dalam  pemasukan  bentuk-bentuk  sastra  lama  seperti  pantun 
yang ditempelkan di tengah jalan cerita – sebagai sarana komunikasi masyarakat tradisional.
Percakapan-percakapan yang panjang dan bertele-tele masih mencerminkan kuatnya unsur sastra
lama, dan nasihat-nasihat yang lebih berupa khotbah berhamburan di sana-sini, mencerminkan
kuatnya unsur didaktikisme dan sejalan dengan pola pikir masyarakat tradisional.
Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
a.       Nasihat-nasihat  berhamburan  di  sana-sini,  mencerminkan  kuatnya  unsur  didaktikisme  dan sejalan dengan pola pikir masyarakat tradisional.
b.      Penyajian  cerita  lebih  terkesan  dipaksakan  menjalin  suatu  peristiwa  dengan  yang  lainnya, berusaha memikat pembaca yang menyukai hikayat.
c.       Pola  hikayat  dalam  wacana  dan  cara  bertutur  menunjukkan  kesan  yang  sangat  berlebihan, dibuat-buat dan terkesan tradisional, dan bentuk fiksi.
d.      Isi novel sulit dipahami karena disajikan secara berbelit-belit dan dipenuhi dengan suasana seperti hikayat pada zaman dulu dan cerita-cerita rakyat.
e.       Penyajian Sitti Nurbaya dalam beberapa bagian masih menggunakan pola hikayat, terkesan

Tentang Penulis

masarul

Author & Editor

Melalaui karya aku berteriak lantang kepada dunia. Melalui tulisan aku kiaskan perasaan yang dapat diungkapkan lewat lisan.

 
masarul.com © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates