Cermati
paragraf berikut untuk soal nomor 1 s.d. 3!
(1)
Tampaknya, kepekaan kita
pelan-pelan menyusut setelah
tragedi demi tragedi
itu kini hampir menjadi
rutin. (2) Kita
khawatir, lama-lama, semua
menjadi biasa: tidak
ada yang kita tangisi, sedih, dan berduka. (3) Sebab
biasanya, sesuatu yang menjadi rutin, tidak lagi mengusik kita. (4) Ia seakan
kehilangan makna: sama seperti kita membaca berita berbagai peristiwa keji di
sekitar kita. (5) Paling-paling kita hanya bergumam pendek: sadis, tega,
menyeramkan, atau yang lainnya. Setelah itu, kita pun melupakannya, kita tidak
berpikir lebih jauh.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
a.
tragedi
demi tragedi
b.
kebiasaan
suatu peristiwa
c.
penyusutan rasa
kepekaan
d.
penghilangan
suatu makna
e.
kerutinitasan
yang mengusik
2. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor
....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
3. Arti kata
tragedi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
kejadian
luar biasa
b.
peristiwa-peristiwa
besar
c.
kejadian-kejadian
penting
d.
cerita
yang berakhir sedih
e.
peristiwa yang
menyedihkan
4. Cermati
paragraf berikut!
(1) Salah satu
stasiun televisi swasta
pada tayangan dini
hari di akhir
pekan beberapa waktu lalu,
menyajikan wayang kulit, kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. (2)
Saat itu, para penggemar
wayang kulit yang
tadinya sukar menyaksikan
kesenian kesayangan mereka itu
karena langkanya pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat
tinggal, sangat terhibur dengan acara itu. (3)
Penayangan wayang kulit itu memudahkan penggemar atau pemirsa
bersama keluarga menikmati
acaranya di layar
kaca tanpa harus
beranjak dari rumah mereka.
(4) Acara televisi
sekarang sudah beragam
sesuai dengan kebutuhan.
(5) Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya
tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya
tradisional tersebut.
Kalimat yang
tidak padu dengan kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
Cermati teks
berikut untuk soal nomor 5 s.d. 7!
(1)
Kita
menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi punya kepekaan untuk
melihat hal-hal di luar diri kita sendiri. (2) Kita hanya peduli pada diri
sendiri atau golongan sendiri. (3) Kita menjadi makhluk yang berkelompok
berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. (4) Contohnya dapat
kita lihat di perumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi
tembok tinggi dan
tertutup rapat, serta
menutup pintu buat
orang di luar
diri mereka. (5) Tanpa sadar kita pun terjebak menjadi
pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas
antara kau dan aku.
5. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut
terdapat pada nomor ....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
6. Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah
...
a.
kita
menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan.
b.
kita
hanya peduli pada diri sendiri atau peduli pada golongan sendiri.
c.
kita
menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak mempunyai kepekaan.
d.
rumah-rumah
yang satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi dan tertutup rapat.
e.
kesibukan seseorang
akan membuat orang
tersebut akan terjebak
menjadi pribadi-pribadi yang
sibuk dengan dirinya sendiri.
7. Tujuan penulis menguraikan hal dalam teks
tersebut adalah ....
a.
mengimbau
agar orang mau membantu sesama
b.
membandingkan
situasi dulu dengan sekarang
c.
menjelaskan
tentang sikap yang baik dan buruk
d.
menggambarkan
sikap orang pada zaman sekarang
e.
menginformasikan
sesuatu hal yang sangat penting
Cermati
kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Pemerintah
menyediakan prasarana jalan yang memerlukan dana cukup tinggi dengan harapan
para pengguna jalan bisa merasakan kenyamanan ketika mereka berkendaraan di
jalan yang tersedia. Namun kenyataannya, apa yang kita temui pada kebanyakan
jalan yang tersedia?
Tidak jarang
para pengguna jalan
merasakan adanya gangguan
yang cukup berarti
ketika mereka menggunakan jalan. Apakah harapan pemerintah menjadi suatu
kenyataan? Jawabannya tentu bisa kita rasakan.
Tampaknya ada
hal yang juga
harus diperhatikan pemerintah.
Selain membangun, juga harus
disertai dengan pengawasan
lapangan yang ketat.
Kalau sinkronisasi ini
tidak dilakukan, pembangunan dalam
bidang apa pun
hanya bersifat menguras
dana dan menebalkan
sebagian kantong, tetapi hasil pembangunannya tidak akan pernah
maksimal.
8. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana
tersebut adalah ...
a.
Perlu adanya
sinkronisasi antara pembangunan dan pengawasan.
b.
Pemerintah
menghabiskan dana yang cukup besar untuk pembangunan jalan.
c.
Kenyamanan
pemakaian jalan dirasakan secara maksimal oleh pengguna jalan.
d.
Tercapainya
harapan pemerintah dengan mengeluarkan dana yang cukup tinggi.
e.
Tidak
jarang pengguna jalan merasakan adanya gangguan akibat pembangunan jalan.
9. Pihak yang dituju sesuai isi tajuk tersebut
adalah ….
a.
pengguna
jalan
b.
rakyat
Indonesaia
c.
dinas
perhubungan
d.
pengawas
lapangan
e.
pemerintah
Indonesia
Cermati
data diagram berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
10. Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi
diagram tersebut adalah ...
a.
Jumlah
pengangguran makin lama makin meningkat setiap tahun.
b.
Jumlah
pengangguran setelah tahun 2012 mengalami penurunan yang drastis.
c.
Pengangguran
paling banyak pada tahun 2012 dan tahun 2013.
d.
Tingkat
pengangguran pada tahun 2012 hampir sama dengan tahun 2013.
e.
Dari
tahun 2013 ke tahun 2014, jumlah pengangguran mengalami penurunan.
11. Kalimat simpulan yang sesuai dengan isi diagram tersebut adalah ...
a.
Naik
turun jumlah pengangguran di Provinsi S terjadi pada tahun 2012–2014.
b.
Dari
tahun 2012–2014 jumlah pengangguran di Provinsi S selalu menurun tajam.
c.
Jumlah
pengangguran di Provinsi S dari tahun 2012–2014 mengalami pasang surut.
d.
Jumlah
pengangguran selalu meningkat pada tahun 2012–2014 terjadi di Provinsi S.
e.
Kenaikan
jumlah pengangguran di Provinsi S dari tahun 2012–2014 selalu konstan.
Cermati kutipan hikayat berikut untuk soal nomor 12 dan 13!
Hatta pada
keesokan harinya, raja
pun berangkatlah ke
luar di hadapan
orang penuh sesak. Maka titah raja, “Suruhkan orang
memalu canang berkeliling negeri itu. Barangsiapa menumbuk padi empat gantang,
sekamnya delapan gantang dipinta raja. Jikalau tiada diberi demikian, mereka itu
dibunuh serta dirampas
hartanya dan anak
bininya dijualkan,” demikianlah
titah. Setelah didengar segala
orang isi negeri itu, masing-masing duka cita menjadi huru-haralah isi negeri
itu, masing-masing membawa dirinya berpindah ke sana ke mari, ke luar padang
hutan, terbanyak pula pindah ke negeri lain.
Maka perdana
menteri masuklah persembahkan
perihalnya negeri itu
amat huru-hara, habis berpindah bala tentara oleh
terderitanya hukum raja itu ... ( Hikayat Bayan Budiman)
12. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan
tersebut adalah ...
a.
Rakyat
rela mengorbankan harta dan jiwanya
untuk raja.
b.
Rakyat
dan raja yang saling berselisih dan
bermusuhan.
c.
Perilaku raja
yang menghukum rakyatnya dengan kejam.
d.
Kewajiban
rakyat yang menerima hukuman dari rajanya.
e.
Raja
yang menegakkan peraturan dengan tegas dan tepat.
13. Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut
adalah ...
a.
Patuhilah
segala perintah pimpinan agar diri
selamat.
b.
Raja yang kejam
akan ditinggalkan oleh rakyatnya.
c.
Rakyat
dan raja hendaknya saling menghormati.
d.
Raja
harus bertindak tegas menegakkan peraturan.
e.
Janganlah
meninggalkan negeri karena kekejaman raja.
Cermati
kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Kini, kembali ia
akan menyeberangi sebuah sungai. Sekali ini bukan sungai kecil, melainkan salah
satu sungai yang terbesar di Jawa Tengah, Sungai Serayu.
Sersan Kasim
adalah Kepala Regu 3, Peleton 2 dari kompi TNI terakhir yang akan kembali ke
daerah operasinya di Jawa Barat. Tentara Belanda telah menduduki Yogya,
persetujuan gencatan senjata telah dilanggar, dan Republik tidak merasa terikat
lagi oleh perjanjian yang sudah ada.
Jam satu
malam: cuaca gulita
dan murung, hujan
turun selembut embun
namun cukup membasahkan.
Hati-hati Kasim memimpin anak buahnya menuruni tebing yang curam dan licin.
Ia sendiri berjalan
sangat hati-hati, menggendong
bayi pada panggulnya,
sebelah kiri. Di
bahu kanan bergantung sebuah sten. Hanya samar-samar matanya yang
terlatih melihat orang berjalan di depannya. Untuk memudahkan penglihatan,
tiap-tiap prajurit yang kurang baik matanya, memasang sepotong cendawan yang
berpijar pada punggung kawan yang berjalan di mukanya.
Sungai, Nugroho Notosusanto
14. Pernyataan yang menunjukkan bahwa Kasim seorang yang berwatak hati-hati
adalah ...
a.
Sersan
Kasim Kepala Regu 3, Peleton 2 dari kompi TNI yang ditugasi di Jawa Barat.
b.
Ia
hati-hati menyeberangi sungai yang bukan sungai kecil, melainkan sungai
terbesar.
c.
Kasim hati-hati
memimpin anak buahnya menuruni tebing dan sangat hati-hati berjalan.
d.
Kasim
dengan cermat mempersiapkan pasukannya melawan Tentara Belanda di Yogya.
e.
Sersan
Kasim berhati-hati menghadapi musuh yang melanggar persetujuan gencatan
senjata.
15. Pendeskripsian watak Kasim dalam kutipan tersebut adalah ....
a.
secara langsung
b.
dialog
antartokoh
c.
tanggapan
tokoh lain
d.
pikiran-pikiran
tokoh
e.
keadaan
di sekitar tokoh
16.
Cermati kutipan berikut!
(1) Suatu
hari Ben mengajak
Frist berkunjung ke
asrama guru-guru SKP.
(2) Ia ingin bertemu dengan Sofie yang cantik dan
ramah. (3) Ia sangat merindukan gadis itu. (4) Kedatangan mereka disambut Sofie
dengan gembira. (5) Sebenarnya Sofie
diam-diam menaruh hati pada Ben. (6)
Sebelum Ben dan Frist pulang, Sofie meminta Ben menuliskan sesuatu pada album miliknya.
(7) Dengan senang hati, Ben menggoreskan penanya pada album itu dengan
kata-kata yang indah sehingga Sofie merasa sangat senang.
Bukti bahwa latar suasana
menyenangkan dalam kutipan tersebut
ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
a.
(1)
dan (2)
b.
(3)
dan (4)
c.
(4)
dan (5)
d.
(5)
dan (6)
e.
(6) dan (7)
Cermati kutipan drama berikut untuk soal nomor 17
dan 18!
(1) Alia :“Setelah kita selesai Ujian Nasional, rencana
pergi jalan-jalan ke perkampungan suku Badui, jadi kan Tin?” (tersenyum ceria
).
(2) Tina : ”Jangan Al, kita masih banyak memerlukan
biaya.”
(3) Alia :”Ya
Tin, tapi kita harus ingat, inilah kesempatan kita berkumpul dan
bersenang-senang sebelum berpisah.”
(menepuk bahu Tina ).
(4) Tina :Ya, iya, tapi kita juga harus memikirkan
nasib kita untuk persiapan masuk perguruan tinggi yang memerlukan biaya yang
cukup besar. ( keduanya merengeng ). Yah…, keinginan tinggal keinginan, tapi
tidak memungkinkan untuk dilaksanakan Al, terutama saya.
17. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog
Tina nomor (4) adalah ...
a.
Menurutkan
hati mati, menurutkan mata buta.
b.
Lain
lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang.
c.
Keluar
dari mulut harimau, masuk ke mulut buaya.
d.
Melangkah
peliharakan kaki, berkata peliharakan lidah.
e.
Maksud hati
memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.
18.
Hal yang merupakan konflik dalam kutipan drama tersebut adalah ...
a.
perselisihan
antarsahabat
b.
penolakan
suatu pendapat
c.
keinginan
yang berlebihan
d.
kemarahan
seorang sahabat
e.
tidak
terwujudnya keinginan
19. Cermati
paragraf berikut!
Tiap hari
orang membicarakan kelakuan Aminah.
Sudah banyak orang
muak melihat perangainya. Kata
orang tua, kelakuannya sudah “...”, perbuatannya sudah melebihi kewajaran adat
kita sebagai orang timur.
Ungkapan yang
tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
melanggar
hati
b.
melanggar batas
c.
melanggar
tanda
d.
melanggar
bahasa
e.
melanggar
sumpah
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 20
dan 21!
Rasanya Baru kemarin
(oleh Gus
Mus, 25 Agustus 2005 )
Rasanya
Baru kemarin
Padahal sudah
lebih setengah abad kita merdeka.
Pahlawan-pahlawan
idola bangsa
Seperti Pangeran
Diponegoro
Imam Bonjol, dan
Sisingamangaraja
Sudah dikalahkan
oleh Sin Chan, Baja Hitam
dan Kura-kura
Ninja
Banyak orang
pandai sudah semakin linglung
Banyak orang bodoh
sudah semakin bingung
Banyak orang
kaya sudah semakin kekurangan
Banyak orang
miskin sudah semakin kecurangan
Rasanya
Baru kemarin
20. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut
adalah ....
a.
ketakutan
b.
kemarahan
c.
keheningan
d.
kegelisahan
e.
kekecewaan
21. Kata “kemarin” yang bergaris bawah pada larik
pertama puisi tersebut bermakna ....
a.
cepatnya waktu
berlalu
b.
kejadian
zaman dahulu
c.
terjadinya
perubahan waktu
d.
teringat
kenangan tempo dulu
e.
telah
terjadinya perbedaan waktu
22. Cermati
paragraf berikut!
Adanya
pendekatan baru terhadap konflik yang sudah ada atau munculnya pemimpin baru
bagi munculnya visi dan inisiatif baru, acapkali memang diperlukan ...
diperoleh suasana segar atau bahkan terobosan. Urgensi penyelesaian
konflik-konflik lama kita pandang semakin mendesak ... berbagai isu baru
muncul, ... halnya pemanasan global ... penyakit flu burung.
Kata penghubung
yang tepat untuk
melengkapi bagian yang
rumpang pada paragraf
tersebut adalah ....
a.
jika,
hingga, begitu pula, serta
b.
namun,
dan, hingga, juga
c.
hingga,
agar, yang, dan
d.
agar,
juga, dan, serta
e.
agar, ketika,
seperti, dan
23. Cermati
paragraf berikut!
Bila kita
mengambil suatu keputusan, sebaiknya ... dulu. Apalagi dalam mengikuti mode
... sekarang. Banyak
anak remaja yang salah ...
dan mengambil keputusan
mengikuti mode. Mereka tidak
mau mendengar ...
siapa pun. Karena
pengertian ... menurut
mereka tidak memiliki konsep yang
benar.
Kata baku yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
dipikirkan,
zaman, menafsirkan, nasihat, modern
b.
dipikirkan,
jaman, mentafsirkan, nasehat, modern
c.
difikirkan,
zaman, mentafsirkan, nasehat, modern
d.
difikirkan,
zaman, menafsirkan, nasehat, moderen
e.
dipikirkan,
jaman, menafsirkan, nasihat, moderen
24. Cermati paragraf berikut!
Pers janganlah
berjalan sendiri-sendiri. Kita
sangat ... adanya
kebijakan dan kerja
sama Pemerintah dengan pihak pers yang memiliki kemampuan strategis
untuk ... berbagai informasi dengan cepat kepada masyarakat. Hal ini, untuk
menghindari … kedua belah pihak.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ….
a.
berharap,
sebar luaskan, disalah pahamkan
b.
mengharapkan,
menyebarluaskan, kesalahpahaman
c.
mengharap,
menyebar luaskan, penyalahpahaman
d.
diharapkan,
menyebar luas, bersalah paham
e.
mengharap,
menyebarluas, tesalahpahamkan
25. Cermati
paragraf berikut!
Konsumsi jasa
dalam bentuk komoditas
wisata bagi sebagian
masyarakat negara maju dan
masyarakat Indonesia telah
menjadi salah satu
kebutuhan sebagai akibat
meningkatnya pendapatan,
aspirasi, dan kesejahteraannya. Preferensi
dan motivasi wisatawan
berkembang secara dinamis. Kecenderungan
pemenuhan kebutuhan dalam
bentuk menikmati objek-objek spesifik seperti udara yang
segar, pemandangan yang indah, pengolahan produk secara tradisional,
produk-produk pertanian modern, dan spesifik menunjukkan peningkatan yang
pesat. Kecenderungan ini
merupakan signal tingginya
permintaan akan Wisata
Agro dan sekaligus membuka
peluang bagi pengembangan produk-produk agrobisnis, baik dalam bentuk kawasan
maupun produk pertanian yang mempunyai daya tarik spesifik. ...
Kalimat yang
berupa akibat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
a.
Jadi, pada
dekade terakhir, pembangunan
pariwisata di Indonesia
dan di mancanegara menunjukkan kecenderungan terus
meningkat.
b.
Peningkatan difokuskan
kepada peningkatan produksi
tanaman pangan dan
komoditi perdagangan tradisional ini karena menampakkan hasil.
c.
Kondisi tersebut
menyebabkan pembangunan pertanian
belum optimal sesuai
dengan potensinya yang dibutuhkan dan diharapkan masyarakat.
d.
Dengan
demikian pada masa mendatang, pembangunan pariwisata dan pertanian di Indonesia
dan di mancanegara cenderung terus meningkat.
e.
Dalam
kurun waktu yang sangat panjang perhatian pembangunan pertanian terfokus kepada
peningkatan produksi tertentu dan komoditi perdagangan tradisional.
26.
Cermati kutipan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Pembangunan agrobisnis
merupakan paradigma pembangunan
pertanian yang didasarkan pada prinsip-prinsip bisnis.
Dengan demikian secara
otomatis, strategi ini
dibangun dengan mempertimbangkan
dinamika yang terjadi. Untuk meningkatkan daya saing agrobisnis dalam
perdagangan global, upaya
pertama yang harus
dilakukan adalah meningkatkan
akses para pelaku agrobisnis pada
pasar, baik pasar domestik maupun pasar global.
Kalimat
persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.
Kondisi
perekonomian dan persaingan global yang semakin kompleks menuntut kreativitas
pengembangan usaha yang kompetitif.
b.
Untuk
itu, diperlukan langkah-langkah bersama antara pemerintah, pengusaha wisata
agro, lembaga terkait, dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja.
c.
Lakukan upaya
meningkatkan kemampuan para pelaku agrobisnis untuk mengidentifikasi peluang
pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar tersebut.
d.
Wisata agro
merupakan salah satu
usaha agrobisnis yang
prospektif untuk dikembangkan, sesuai dengan perannya dalam
pembangunan ekonomi nasional dan persaingan.
e.
Namun
demikian, tantangan yang dihadapi dalam pembangunan wisata agro ke depan sangat
besar, terutama berkaitan dengan kesiapan SDM, promosi, dan dukungan prasarana.
27. Bacalah
iklan berikut dengan cermat!
Beberapa tenaga
kerja dibutuhkan oleh PT Cendekia untuk tenaga pemasaran.
Persyaratan
sebagai berikut:
(1) Pendidikan S-1, DIII
(2) Usia maks 25 th.
(3) Pengalaman kerja min. 1 th
Kirim
Lamaran ke PO Box 123/Jkt 1004
Perubahan, 5 Februari 2015
Kalimat pembuka
surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ....
a.
Membaca
iklan yang dimuat di Perubahan, 5
Februari 2015 maka saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga
pemasaran di PT Cendekia.
b.
Berdasarkan dengan
iklan yang dimuat
di Perubahan, 5 Februari
2015, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mendapatkan
pekerjaan di PT Cendekia.
c.
Dengan
iklan yang dimuat di Perubahan, 5
Februari 2015 makanya saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga
pemasaran PT Cendekia.
d.
Berminat
dengan iklan yang dimuat di Perubahan, 5
Februari 2015, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk pengisian tenaga kerja
itu di PT Cendekia.
e.
Sehubungan dengan
iklan yang dimuat
di Perubahan, 5 Februari
2015, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi
tenaga pemasaran di PT Cendekia.
28.
Cermati ilustrasi berikut!
Seorang siswa SMA, Program IPS bernama Astuti usia
20 tahun ingin menulis surat lamaran pekerjaan yang akan ditujukan ke sebuah
perusahaan garmen untuk tenaga pemasaran.
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan
berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
a.
Saya Astuti,
berusia 20 tahun, tamatan SMA, Program IPS mengajukan lamaran pekerjaan untuk tenaga pemasaran
di perusahaan Bapak/Ibu.
b.
Saya
Astuti berusia 20
tahun, tamatan SMA,
Program IPS mengajukan
lamaran pekerjaan untuk tujuan
tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
c.
Saya Astuti
berusia 20 tahun,
yang mana saya
tamatan SMA, Program
IPS mengajukan lamaran pekerjaan
untuk tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
d.
Saya
Astuti yang mana berusia 20 tahun, tamatan SMA, Program IPS mengajukan lamaran
pekerjaan untuk tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
e.
Saya
Astuti berusia 20 tahun, yang tamatan SMA, Program IPS dimana ingin mengajukan
lamaran pekerjaan untuk tujuan tenaga pemasaran di perusahaan Bapak/Ibu.
29. Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah
surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.
Perbaikan yang
tepat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
a.
Atas
perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
b.
Atas perhatian
Saudara, saya mengucapkan terima kasih.
c.
Atas
perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.
d.
Atas
bantuan Saudara saya mengucapkan terima kasih banyak.
30. Perhatikan urutan kalimat berikut!
(1) Pemerintah berperan penting pula dalam
pengaturan agar tidak terjadi iklim usaha yang saling mematikan.
(2) Pengembangan wisata agro memerlukan dukungan
semua pihak, terutama pemerintah.
(3) Untuk,
itu kerja sama
yang baik antara
pengusaha objek wisata
agro dengan pemerintah sangat penting.
(4) Pemerintah
bertindak sebagai fasilitator
dalam mendukung berkembangnya
wisata agro dalam bentuk kemudahan
perizinan dan lainnya.
Urutan kalimat
yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....
a.
(2), (4), (1),
dan (3)
b.
(2),
(3), (1), dan (4)
c.
(3),
(4), (1), dan (2)
d.
(4),
(3), (1), dan (2)
e.
(4),
(1), (2), dan (3)
31. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Pukul satu malam
saat itu cuaca sangat gelap. Hujan turun sangat lebat, seakan dicurahkan dari
langit. Sambil berpegangan, kami menuruni tebing yang curam dan licin melewati
jalan setapak di pinggir kali. Hanya samar-samar di antara kilat dan petir membantu
menerangi jalan setapak yang kami lalui. ...
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi bagian rumpang atau melanjutkan paragraf tersebut adalah
...
a.
Dedaunan
melambai lemah gemulai di tepi sungai.
b.
Air
sungai sangat gemuruh memekakkan telinga kami.
c.
Betapa
kerasnya bunyi petir yang memecah kesunyian.
d.
Terlihatlah
sepintas-sepintas jalan setapak itu becek dan licin.
e.
Tidak
ada tempat kami untuk berteduh menunggu hujan reda.
32. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Air sungai
mengalir ... . Dengan perahu kecil, kami menyeberangi sungai itu. Sungai itu
... . Dasar sungai ... . Yang terlihat hanya permukaan air ... . Kekeruhan
airnya mengeluarkan bau ....
Frasa kata yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ....
a.
deras
sekali, sangat lebar, agak dalam, sangat keruh, agak busuk
b.
sedikit
deras, agak lebar, sedikit dalam, sedikit keruh, sudah busuk
c.
deras sekali,
sangat lebar, sangat dalam, sangat keruh, agak busuk
d.
sedikit
deras, sangat lebar, sangat dalam, sedikit keruh, agak busuk
e.
deras
sekali, hampir lebar, sangat dalam, sangat keruh, tidak busuk
33.
Bacalah kutipan narasi berikut!
Seperti juga
tetangganya, orang itu
tak pernah bosan
untuk bersiul. Mengajari
burung bernyanyi dengan irama yang tidak pasti. Setiap sore dan pagi
hari, ia berdiri di depan rumah. Memberi makan dan minum melebihi anaknya
sendiri. Ketan hitam, buah pisang dan gabah, juga air yang telah direbus dengan
daun jambu, selalu ada di kepalanya. ... Ia memaki-maki pita suara dalam
tenggorokan lalu amarah merasuk di dada pemiliknya. Mengajak anggota badan
untuk bertindak. Menggerakkan
kedua lengannya yang
kokoh untuk membanting
sangkar sampai roboh ke
tanah. Dan burung
pun terbang, tergopoh-gopoh, mencari
kebebasan yang telah lama
dirindukan.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...
a.
Dia
mencari berbagai cara agar kelak burungnya menjadi juara bunyi terindah.
b.
Burung
semakin lincah, gembira, dan terbang ke sana ke mari dan berputar-putar.
c.
Akibatnya,
burung itu pun bisa bernyanyi dengan suara nyaring dan merdu sekali.
d.
Begitu
cinta dia terhadap burung kesayangannya, melebihi sayang kepada anaknya.
e.
Akan tetapi,
burung tak juga pandai bernyanyi, kecuali berteriak dengan suara serak.
34. Cermati judul karangan berikut!
Saya
sangat suka membaca
bukumu yang berjudul
“perlunya digalakkan gemar
menulis kepada murid sekolah dasar”.
Perbaikan
penulisan judul karangan tersebut sesuai EYD adalah ....
a.
Perlunya
digalakkan gemar menulis kepada murid sekolah dasar
b.
”perlunya
digalakkan gemar menulis kepada murid sekolah dasar”
c.
Perlunya
digalakkan Gemar Menulis kepada murid sekolah dasar
d.
Perlunya
Digalakkan Gemar Menulis kepada Murid Sekolah Dasar
e.
”Perlunya
Digalakkan Gemar Menulis Pada Murid Sekolah Dasar”
35. Cermati paragraf berikut!
Sejumlah ...
mahasiswa dari Perguruan Tinggi X meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan
karena dua hal
itu memiliki esensi
dan pemicu perbedaan.
Mereka menolak kedua
hal itu digeneralisasi untuk
menyebut mahasiswa ... . Aksi demo diyakini sebagai wujud panggilan jiwa dan
... sosial mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. Sementara tawuran adalah
perbuatan ... yang kerap terjadi akibat solidaritas dan fanatisme yang sempit
antarkelompok mahasiswa. Untuk menyikapi kebijakan pemerintah dan tawuran
adalah dua hal yang sangat berbeda. Secara ... dan tujuan juga sama sekali
tidak berhubungan dengan masalah.
Kata serapan
yang baku untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
aktivis,
anarkis, solidaritas, kriminal, konteks
b.
aktivis,
anarhkis, solideritas, kriminal, kontek
c.
aktifis,
anarkhis, solideritas, kriminil, kontek
d.
aktifis,
anarkis, solideritas, kriminal, kontek
e.
aktivis,
anarkis, solidaritas, kriminil, konteks
36. Cermati kutipan karya tulis berikut!
Tugas daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu
memberikan kasih sayang serta pendidikan yang cukup daripadanya .
Perbaikan
kalimat yang tercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ...
a.
Tugas orang
tua terhadap anaknya,
yaitu memberikan kasih
sayang dan pendidikan
yang cukup.
b.
Tugas
daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu memberikan kasih sayang serta
pendidikan cukup.
c.
Tugas
daripada orang tua terhadap anaknya, yaitu memberikan daripadanya kasih sayang
dan pendidikan cukup.
d.
Tugas
orang
tua terhadap anaknya,
yaitu memberikan daripadanya
kasih sayang dan pendidikan yang cukup.
e.
Tugas
orang tua terhadap anaknya, yang mana memberikan kasih sayang serta pendidikan
yang cukup daripadanya.
37. Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf
: kemenarikan wisata Danau Kembar
di Sumatra Barat
Kalimat penjelas :
(1) Suasana
alam dan keindahan
alam Indonesia sudah
terkenal ke mancanegara
karena keindahannya tidak ada bandingannya.
(2) Selain
tempat wisata, kawasan
Danau Kembar dapat
pula digunakan untuk out-bond (pelatihan di alam bebas), tracking , olahraga air, dan sebagainya.
(3) Di kawasan danau disediakan perahu yang bisa
disewa wisatawan untuk berkeliling atau melakukan olahraga air.
(4) Wisatawan
tidak hanya memetik
buah markisa atau
buah stroberi yang
ada di kawasan danau, tetapi juga sekaligus bisa
membuat jus buah tersebut di tempat.
(5) Waktu libur yang paling bermanfaat digunakan
keluarga, yaitu berdarmawisata ke Danau Kembar di Sumatra Barat.
Kalimat penjelas
yang sesuai dengan topik adalah nomor ....
a.
(1),
(2), dan (4)
b.
(2), (3), dan
(4)
c.
(2),
(3), dan (5)
d.
(2),
(4), dan (5)
e.
(3),
(4), dan (5)
Cermati topik berikut untuk menjawab soal nomor 38
dan 39!
Topik karangan ilmiah : Meningkatkan
motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
38.
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
a.
Banyak siswa
kurang bersemangat mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru
di kelas.
b.
Keberhasilan pembelajaran
Bahasa Indonesia di
sekolah sangat ditentukan
oleh siswa dan guru yang mengajar.
c.
Guru banyak
mengeluhkan prestasi siswa,
terutama disebabkan oleh
lemahnya daya serap dan semangat belajarnya.
d.
Pembelajaran
bahasa Indonesia yang efektif tidak hanya selalu ditentukan oleh keberhasilan
guru, tetapi juga oleh siswa.
e.
Berbagai upaya
dilakukan guru untuk
meningkatkan semangat siswa
dalam mengikuti
pembelajaran
Bahasa Indonesia.
39. Kalimat rumusan masalah sesuai topik tersebut adalah …
a.
Bagaimana upaya
guru untuk meningkatkan
motivasi siswa dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia?
b.
Siapa saja
yang terlibat untuk
meningkatkan motivasi siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia?
c.
Di mana
saja tempat untuk
meningkatkan motivasi siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia?
d.
Apakah perlu
untuk mengupayakan meningkatkan
motivasi siswa dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia?
e.
Apa
alasannya guru untuk mengupayakan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia?
40. Cermati puisi berikut!
Pemberontakan
Waktu ku kecil
Semua kuingat
Semua kulakukan
Semua sesuai yang kau mau
Ku tak berani langgar larang pantangmu
Bunda
Tapi kini,
Biarlah kutentukan sikap jadi diriku
Kugapai anganku
...
Lepaskan kakiku melangkah merdeka
Merdeka bukan berarti aku durhaka
Aku ingin buktikan padamu Bundaku
Wujudkan impianku, restui aku
Pasti kelak kaubangga yang kupunya
(AA)
Majas yang tepat
untuk mengisi larik yang rumpang (bertitik-titik) pada puisi tersebut adalah
...
a.
Aku
akan pergi
b.
Aku
sudah dewasa
c.
Kasihanlah
kepadaku
d.
Jangan pasung
lagi aku
e.
Aku
tidak lupa kepadamu
41. Bacalah pantun berikut!
Induk ayam di atas jerami
Mencari makan mengais-ngais
Mau tahu teman sejati
….
Larik yang tepat
untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
a.
Tidak
ada yang mengemis
b.
Itu
tanda anak yang manis
c.
Sama suka, sama
menangis
d.
Yang
penting senyum manis
e.
Janganlah
mudah ia menangis
42. Cermati gurindam berikut!
Barang siapa
mengenal Allah,
suruh dan
tegahnya tiada ia menyalah.
Maksud gurindam
tersebut adalah …
a.
Seseorang
yang selalu mensyukuri atas segala rahmat dari Allah, berarti telah mendapatkan
hidayah dari Allah.
b.
Orang
yang tidak menjalankan kebaikan dan selalu berbuat kejahatan dalam hidupnya,
Allah tidak akan menyayanginya.
c.
Mengenal Tuhan
adalah menjauhi segala
larangan-Nya, yaitu perbuatan
dosa dan melaksanakan suruhan dan
perintah-Nya.
d.
Bila
seseorang menghindari perbuatan jahat dan menjauhi perbuatan dosa, akan
mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.
e.
Seseorang yang
berada pada kebimbangan,
tidak yakin dengan
adanya Allah, dan keragu-raguan dalam hidupnya, berarti tidak
mengenal Allah.
43. Cermati kutipan hikayat berikut!
Maka
Seri Rama pun
bertanya, ”Hai burung,
adakah engkau lihat
istriku dilarikan
orang?”
Sahut
burung jantan itu,
”Engkaukah yang bernama
Seri Rama? Aku
dengar masyhur
namamu laki-laki dan gagah berani tiada
terlawan di tengah medan peperangan. Akan binimu
tiadalah terpelihara, perempuan seorang;
lihatlah olehmu aku ini, empat ekor biniku lagi dapat
aku
peliharakan, konon engkau
manusia dua orang
pula dengan saudaramu
tiadalah dapat
memelihara binimu seorang itu.”
Maka kata Seri Rama, ”Hai burung jantan,
tiadakah kasihanmu akan daku melihat serupa
ini,
maka engkau berkata
garang ini. Aku pinta
kepada Dewata Mulia
Raya, semoga-moga
binimu lenyap daripada mata engkau,
tiadalah engkau lihat dia hampir dengan engkau.”
Maka dengan takdir Dewata Mulia Raya,
pada tatkala itu juga burung jantan itu pun butalah
dan bininya yang empat ekor itu pun
duduk di sisinya, tiadalah dilihatnya lagi.
Hikayat
Seri Rama
Karakteristik
sastra Melayu Klasik yang tampak pada kutipan tersebut adalah ....
a.
ada tokohnya
berupa binatang dan kesaktian seseorang
b.
peperangan
perebutan kekuasaan dan kemustahilan
c.
kesaktian
yang dimiliki seseorang dan istanasentris
d.
masalah
keagamaan, yaitu Islam dan tokohnya binatang
e.
istanasentris,
yaitu raja yang bijaksana dan kemustahilan
Bacalah kutipan novel berikut untuk menjawab soal
nomor 44 s.d. 47!
Dengan sedih aku memandang ke luar. Aku
tidak pernah lagi memandangi wajahnya. Bagiku
segala yang membikinku sakit terkumpul
di sana.
”Aku sudah memutuskan untuk pergi
seorang diri, dan akan tetap terjadi demikian,” katanya
lagi.
”Aku
juga mempunyai keputusan,”
kataku perlahan. Kalau
terjadi apa-apa dengan
dirimu
aku tidak akan menangisimu. Aku juga
tidak akan mau bersusah payah langkahku terhambat oleh
seorang
anak kecil yang
lahir dari kau.
Dia akan kuberikan
pada sebuah rumah
penitipan anak-anak. Aku tidak
mau membawanya bersamaku.”
Sebentar dia tidak bersuara seolah tidak
mengerti apa maksudku.
”Bagaimana?” Akhirnya dia bertanya.
”Kalau kau mati dalam perjalanan itu,
anak kita akan kumasukkan ke rumah sosial.”
”Kau tidak bersungguh-sungguh. Kau
gila!” serunya. Matanya melotot menatapku.
”Aku mengatakan apa yang kupikir.”
”Aku tidak percaya!” dan dia memaksa
merendahkan suaranya.
”Kau seorang ibu, hanya dari kaulah
anakmu akan mendapatkan cinta yang sebenarnya. Aku tidak percaya.”
”Aku tidak peduli kau percaya atau tidak.
Bagiku anakku merupakan penghambat yang besar
kalau aku harus bekerja mencari nafkah
di Eropa. Aku bukan lagi warga negara Indonesia dan aku
tidak mau kembali ke negeriku untuk
bekerja. Aku akan memilih negeriku yang kedua. Kau selalu
berkata bahwa aku tidak akan bisa
mengerjakan sesuatu pun di negerimu. Tetapi aku akan mencoba
dan aku akan membuktikan bahwa aku juga
sanggup mencari kehidupan di negeri itu sebagaimana
orang-orang di sana.”
Dengan
keheranan dia memandang
kepadaku. Seolah mengukur
tubuhku, melihat seekor
binatang
mengerikan yang baru
kali itu dilihatnya.
Tiba-tiba dia terduduk,
menutup mukanya
dengan kedua tangan.
”Tidak, aku tidak percaya. Perempuan
apakah yang telah kukawini ini?” setengah berbisik aku mendengar kata-katanya.
( Pada Sebuah Kapal, Nh. Dini)44.
Watak tokoh aku (istri) dalam
kutipan novel tersebut adalah ….
a.
keras dan
egoistis
b.
perasa
dan melankolis
c.
ambisius
dan materialistis
d.
cerewet
dan berprasangka
e.
acuh
tak acuh dan emosional
45. Amanat utama yang sesuai dengan isi kutipan
novel tersebut adalah …
a.
Janganlah
melakukan perkawinan campuran karena perkawinan campuran akan mendatangkan perceraian
kelaknya.
b.
Seorang istri
yang baik harus
siap menghadapi kematian
suami dan berjanji
tidak akan menangisi
kematian suaminya kelak.
c.
Seorang Indonesia
hendaklah tidak mengganti
kewarganegaraannya karena akan
menjadi masalah
di kemudian hari dalam rumah tangganya.
d.
Suami
tidak perlu bekerja, tetapi seorang suami selalulah berkumpul dengan
anak-istrinya
untuk
membesarkan anak karena anak tanggung jawab berdua.
e.
Janganlah seorang
ibu mengabaikan anaknya
demi menunjukkan keegoisannya
kepada suaminya karena kodrat seorang ibu harus mengasuh
anaknya.
46. Mengapa
si suami sampai mengungkapkan
kalimat, ”Perempuan apakah
yang telah kukawini ini?”
Jawaban
pertanyaan yang sesuai dengan isi kutipan adalah …
a.
Si
istri tidak mau ditinggal dan selalu ingin ikut ke mana pun suaminya dalam
menjalankan tugas.
b.
Si
suami menyesali dirinya karena telah memiliki anak bersama istrinya yang
ternyata tidak dicintainya.
c.
Si
istri bukan lagi warga negara Indonesia dan dia tidak mau kembali ke negerinya
lagi untuk bekerja.
d.
Si suami
merasa tersaingi oleh
si istri karena
si istri juga sanggup mencari
nafkah untuk kehidupannya.
e.
Istrinya tidak
mau mengasuh anak mereka dan akan memberikannya kepada sebuah rumah penitipan
anak-anak.
47. Nilai sosial dalam kutipan yang masih
terdapat dalam kehidupan saat ini adalah ….
a.
Suami
yang menggantikan istri dalam mengasuh anak bayi mereka.
b.
Istri
yang menggantikan posisi suami dalam mencari nafkah keluarga.
c.
Seorang
suami yang memberikan nafkah yang cukup kepada keluarganya.
d.
Seorang ibu yang
berkewajiban mengasuh bayi atau anaknya yang masih kecil.
e.
Suami-istri
yang berfungsi sama dalam mengasuh dan mencari nafkah keluarga.
Ada Satu Waktu
Ada satu waktu
kita berdiam-diam saja
tidak mengemukakan
bicara apa-apa;
ketika ketahuan semua ternganga
memutuskan lebih baik
menutup katup
mulut dan suara.
Oleh: Masuri
Kalimat kritik
yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...
a.
Semua
larik puisi Ada Satu Waktu menggunakan kalimat sempurna, tetapi kalimatnya
pendek-pendek.
b.
Pada
larik puisi Ada Satu Waktu, si penyair mengatur kata setiap larik dengan
sama jumlah kata, yaitu tiga kata.
c.
Kalimat-kalimat terputus
digunakan dalam puisi Ada
Satu Waktu dan
kalimat-kalimat itu tidak
mengandung nilai-nilai.
d.
Judul
puisi Ada Satu Waktu dengan isi larik
tidak ada kesinambungan atau hanya penggalan-penggalan kalimat.
e.
Larik puisi Ada Satu Waktu tidak setiap lariknya diisi
oleh satu kalimat utuh, tetapi sebuah kalimat dipilah ke dalam delapan larik.
49. Cermati penjelasan berikut!
Bahasa Melayu yang berasal dari daerah Riau dan
Malaka itu, berkembang dan menyebar
ke seluruh pelosok nusantara yang dibawa
oleh pedagang. Kemudian bahasa ini dipakai pada
ragam
karya sastra puisi.
Sastra Melayu yang
pertama berbentuk mantra,
pantun, dan syair.
Kemudian, bermunculan
pantun kilat (karmina),
seloka, talibun, dan
gurindam, semuanya
menggunakan bahasa Melayu. Sementara
itu, pada ragam karya sastra prosa, Sastra Melayu
yang pertama berbentuk cerita-cerita
pelipur lara dan dongeng-dongeng. Dongeng itu meliputi
legenda, sage, fabel, parabel, mite, dan
cerita jenaka atau orang-orang malang/pandir. Bahkan,
ragam karya Sastra Melayu ada yang
berbentuk hikayat, tambo, cerita berbingkai, dan wiracarita
(cerita panji). Pada cerita dongeng
sering isinya mengenai cerita kerajaan (istanasentris) dan
fantastis. Kadang-kadang cerita tersebut
di luar jangkauan akal manusia (pralogis).
Kalimat esai
yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
a.
Oleh sebab
itu, setelah masyarakat
Melayu mengenal tulisan,
karya-karya tersebut mulai dituliskan dalam bahasa Melayu lama.
b.
Dengan
demikian, Sastra Melayu yang dihasilkan selalu berisikan hal-hal yang bersifat
moral dan nasihat dalam bahasa Melayu.
c.
Karenanya,
alat penyampaian sastra lama adalah bahasa Melayu dan yang sering menimbulkan
bahasa yang sama atau klise.
d.
Tampaknya sastra
Melayu lahir sejak
bahasa Melayu itu
muncul, baik itu
dalam berbagai bentuk puisi lama
maupun berbagai prosa lama.
e.
Tentu,
pengarang pada masa Melayu lama belum ada, oleh para ahli sastra masa itu tanpa
menyebut pengarangnya dan tanggal penulisannya (anonim).
50. Bacalah penjelasan buku berikut!
Sebagai
sarana penyampaian pikiran
dan perasaan, Marah
Rusli masih ragu-ragu
dalam
menggunakan bentuk fiksi yang sebenarnya
dalam Sitti Nurbaya yang terdiri atas 271 halaman
itu.
Dalam beberapa bagian,
ia masih menggunakan
pola hikayat dalam
wacana dan cara
bertutur. Ada kesan
penyalinan bahasa lisan
ke dalam bahasa
tulisan yang membuat
novel
berada
pada batas antara
produk kisah yang
murni sastra tulis
yang baku atau
wujud sastra
lisan yang dituliskan sehingga
menghasilkan sastra lisan-tulisan. Dalam beberapa bagian, sifat
tradisional muncul
terutama dalam pemasukan
bentuk-bentuk sastra lama
seperti pantun –
yang ditempelkan di tengah jalan cerita
– sebagai sarana komunikasi masyarakat tradisional.
Percakapan-percakapan yang panjang dan
bertele-tele masih mencerminkan kuatnya unsur sastra
lama, dan nasihat-nasihat yang lebih
berupa khotbah berhamburan di sana-sini, mencerminkan
kuatnya unsur didaktikisme dan sejalan
dengan pola pikir masyarakat tradisional.
Kalimat resensi
yang menyatakan kelemahan buku sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
a.
Nasihat-nasihat berhamburan
di sana-sini, mencerminkan
kuatnya unsur didaktikisme
dan sejalan dengan pola pikir masyarakat tradisional.
b.
Penyajian cerita
lebih terkesan dipaksakan
menjalin suatu peristiwa
dengan yang lainnya, berusaha memikat pembaca yang menyukai
hikayat.
c.
Pola hikayat
dalam wacana dan
cara bertutur menunjukkan
kesan yang sangat
berlebihan, dibuat-buat dan terkesan tradisional, dan bentuk fiksi.
d.
Isi
novel sulit dipahami karena disajikan secara berbelit-belit dan dipenuhi dengan
suasana seperti hikayat pada zaman dulu dan cerita-cerita rakyat.
e.
Penyajian Sitti
Nurbaya dalam beberapa bagian masih menggunakan pola hikayat, terkesan