Monday, October 20, 2014

Karya Anak Bangsa



Pada kesempatan yang baik ini, saya akan memperkenalkan aplikasi Mesengger yang dibuat oleh anak bangsa yang diberi nama LiteBig. Berikut sedikit penjelasan tentang aplikasi LiteBig yang saya kutip dari hot-game online, semoga bermanfaat.


Icon LiteBig

Aplikasi berkirim pesan atau yang biasa disebut dengan chatting saat ini sudah cukup banyak di jumpai, mulai dari Blackberry Messenger
yang legendaris, Whatsapp yang baru saja di beli oleh Facebook, sampai dengan Aplikasi messenger yang memadukan pesan dengan games seperti Line dan Kakao Talk.
Semua yang sudah disebutkan diatas adalah aplikasi yang di besut oleh developer dari luar negeri, BBM dari Canada, Whatsapp dari Amerika, Line dari Jepang dan kakao Talk dari Korea.
Litebig Messenger Aplikasi Berkirim Pesan Asli Indonesia
Tampilan awal LiteBig
Tapi kini Indonesia sudah bisa berbangga hati, karena mulai bulan Agustus 2014 lalu, di Google Playstore sudah nangkring Aplikasi messenger buatan anak negeri yang diberi nama LiteBig Messenger.
Hingga kini aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 5000 pengguna ini berhasil menembus Tangga teratas untuk aplikasi baru terfavorit di Google Playstore.
Tesar Sandikapura, CEO sekaligus pendiri dari LiteBig Messenger menjelaskan bahwa niat awal pihaknya membuat aplikasi ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anak Indonesia juga mampu membuat aplikasi yang berkelas dunia, "Kita gak mau Indonesia cuma jadi pasar bagi aplikasi-aplikasi luar negeri, sementara kita sendiri sangat mampu untuk membuat yang lebih baik", Ujarnya.
Aplikasi yang project pembuatannya sudah dimulai sejak akhir tahun 2013 ini diakui Tesar tidak melibatkan banyak orang, "Total hanya ada 3 Developer termasuk saya sendiri dan 3 orang lagi di bagian support untuk membantu di bagian antarmuka, web dan multimedia", jelas Tesar.
LiteBig Messenger sendiri tidak melulu mengandalkan romantisme sebagai aplikasi karya anak bangsa untuk bisa dilirik oleh calon penggunanya, ada beberapa kelebihan menonjol yang tidak dipunyai oleh aplikasi sejenis yang membuatnya layak untuk di perhitungkan tidak hanya untuk pengguna di Indonesia namun juga di dunia.
Selain fitur standard seperti bisa mengirimkan semua bentuk file (gambar, video, Mocrosoft office dll), LiteBig memiliki kemampuan lebih dalam menampung pembicaraan group dengan anggota yang besar, "Di LiteBig pengguna bisa membuat group dengan anggota sampai 1000, cocok sekali untuk komunitas-komunitas atau perkumpulan yang banyak tersebar di Indonesia, seperti komunitas otomotif atau kelompok suporter sepakbola" Ucap Tesar yang lulusan Teknik Elektro Universitas Lampung ini.
Selain itu LiteBig juga memiliki fitur untuk mengedit pesan sehingga menghindari kesalahan Typo yang mengganggu, juga bisa menghapus pesan dalam satu rangkaian chat bila dianggap pesan tersebut sudah tidak relevan, fitur ini biasanya berguna bila dalam pembicaraan group yang panjang dan ramai. Satu kelebihan lainnya adalah sebagai aplikasi asli Indonesia, LiteBig menampilkan banyak Sticker, dan emoticon yang memiliki ciri khas Indonesia.
Saat ini LiteBig baru tersedia untuk pengguna Android, sementara untuk pengguna iOS dan Blackberry aplikasinya sudah dalam tahap akhir sebelum diluncurkan akhir bulan nanti. LiteBig juga disiapkan untuk bisa dijalankan pada platform PC.
LiteBig menargetkan bisa menembus 100,000 download dalam dua bulan kedepan, sembari terus menyempurnakan beberapa fiturnya. "Bagi kami LiteBig ini adalah proyek yang tidak akan pernah selesai, akan selalu berkembang sesuai tuntutan penggunanya. Yang pasti dalam jangka panjang kami ingin menjadikan LiteBig sebagai tuan rumah di negeri sendiri, setelah itu barulah kami berekspansi kenegara lain" Tutup Tesar.
 Dengan terciptanya LiteBig ini, semoga akan muncul karya-karya anak bangsa lainnya yang tak kalah dengan produk luar. Aamiin....

Tentang Penulis

masarul

Author & Editor

Melalaui karya aku berteriak lantang kepada dunia. Melalui tulisan aku kiaskan perasaan yang dapat diungkapkan lewat lisan.

 
masarul.com © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates