Monday, September 4, 2017

Lomba Sastra dan Seni UGM ke-4 Tahun 2017


Tema : Revitalisasi Penghargaan Terhadap Perbedaan

Sastra dan seni merupakan aktivitas manusia yang secara historis ditujukan untuk mengasah akal dan budi manusia. Dua hal tersebut seringkali menjadi garda depan perjuangan kemanusiaan ketika aspek-aspek lain gagal mendobrak otoritarianisme sebuah rezim. Di berbagai penjuru dunia, sastra dan seni merupakan salah satu ekspresi yang dipergunakan untuk menggambarkan kesemrawutan tatanan sosial dalam kehidupan.

Jika dikaitkan dengan konteks kekinian, kesemrawutan tatanan kehidupan sosial terlihat nyata dengan hadirnya media dengan kemampuannya menyampaikan bahkan mengerahkan opini massa. Kehadiran media memberikan peran penting dalam penyampaian pendapat. Pada satu sisi, pendapat-pendapat tersebut memberi kesempatan kepada orang untuk menulis. Akan tetapi, pada sisi lain, terkadang pendapat yang disampaikan tersebut menjadi suatu persoalan tersendiri jika dalam penyampaiannya meninggalkan aspek-aspek kesantunan dan kecendikiaan.

Kuasa media massa menjadi semakin tidak terkendali ketika ruang virtual terbuka lebar. Kata-kata yang tidak santun seperti hinaan, cacian, hingga sumpah serapah banyak dijumpai dalam berbagai “kicauan’ yang disampaikan. “Kicauan-kicauan” tersebut ditemukan dalam wadah media-media sosial yang seringkali menimbulkan persoalan tersendiri.

Kehadiran sastra dan seni yang pada masa lalu pernah menjadi garda depan pengasah budi, tiba-tiba tergantikan oleh kehadiaran media massa dalam bentuk sosial media. Karya sastra mengalami penurunan penikmat, dibuktikan dengan semakin mengecilnya ketertarikan mahasiswa pada kajian puisi dan prosa. Hal ini sangat ironis, karena kedua genre sastra tersebut menempati peran penting sebagai salah satu sarana pengasah budi pekerti dengan menghadirkan makna-makna semiotika yang memerlukan kecerdasan pikiran dan perasaan untuk memahaminya.

Dalam usaha menjelaskan kembali pentingnya sastra dan seni sebagai pengasah budi dan kecendikiaan, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kegiatan Lomba Sastra dan Seni 2017. Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud sebagai salah satu langkah nyata dalam usaha memberi ruang ekspresi kepada para pelaku sastra dan seni untuk mengembangkan sastra dan seni dengan terus berkarya. Di samping itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk memicu kemballi gairah bersastra-seni sebagai salah satu alternatif sarana mengasah budi dan kecendikiaan.

Lomba Sastra dan Seni 2017 kali ini mengangkat tema Revitalisasi Penghargaan Terhadap Perbedaan. Tema tersebut diangkat untuk mengingatkan kembali realitas bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural, bangsa yang dalam sejarahnya memiliki sejarah panjang dalam menghargai keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam aspek tersebut toleransi terhadap perbedaan sangat kental dalam berkehidupan.

Sastra dan Seni yang dilombakan antara lain:

Lomba penulisan puisi yang telah dipublikasikan lewat media sosial (telah diviralkan)
Lomba penulisan cerita pendek untuk karya yang sudah disebarluaskan lewat blog dan media sosial
Lomba penulisan kritik sastra yang sudah disebarluaskan lewat media sosial
Lomba fotografi
Lomba penulisan meme yang sudah disebarluaskan lewat media sosial
Lomba pembuatan film dengan durasi maksimal 10 menit
Lomba pembuatan profil Fakultas Ilmu Budaya dengan durasi 7 menit
Lomba terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia. Materi lomba yang diviralkan harus diberi identidas bahwa materi tersebut untuk lomba Sastra dan Seni FIB UGM 2017. Batas akhir pengumpulan materi lomba 30 September 2017. Penjurian 5-20 Oktober 2017. Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada acara Malam Anugerah Sastra dan Seni ke-4 Tahun 2017 Universitas Gadjah Mada, di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM, pada 10 November 2017, pukul 19.00-22.00 WIB.

Lampiran

Lomba Sastra dan Senike-4 Fakultas Ilmu Budaya UGM

FakultasI lmu Budaya UGM kembali mengadakan perlombaan berikut:

Film pendek
KritikSastra
Film Profil Fakultas Ilmu Budaya
Cerpen
Fotografi
Puisi
Penulisan meme
Seluruh lomba terbuka bagi Warga Negara Indonesia. Memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Batas Akhir Pengumpulan Materi Lomba : 10 Oktober 2017

Di Sekretariat Bersama Fakultas Ilmu Budaya UGM (diteras barat)

Dikirimkan ke: anugerahsastraseni@ugm.ac.id
Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada Malam Anugerah Sastra dan Senike – 4 Tahun 2017, Jumat, 10 November 2017

KETENTUAN UMUM

Peserta adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan menyertakan salinan KTP.
Karya harus asli ciptaan sendiri, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diikutkan dalam kompetisi lain.
Untuk karya tulis (puisi, cerpen, kritik sastra, penulisan meme dan fotografi) nama peserta ditulis di halaman terpisah di bagian tersendiri dirangkai dengan biodatanya. DILARANG menulis identitas di bawah judul karya.
Untuk Fotografi, Flme pendek dan Film Profil materi harus dikirim dengan rangkap 3 disertai soft file dalam bentuk CD. Cover CD hanya boleh ditulisi judul. DILARANG menulis identitas pengirim pada CD atau hasil karya.
Untuk karya tulis film pendek, puisi, cerpen, kritik sastra, penulisan meme dan fotografi harus sudah diviralkan melalui media sosial (FB, Line, Twitter, Blog, Instagram, dsb.)
Materi perlombaan; puisi, cerpen, kritik sastra dan penulisan meme dikirim melalui email anugerahsastraseni@ugm.ac.id
Materi perlombaan; Fotografi, Film pendek dan Film Profil FIB dimasukkan ke dalam amplop lalu di bagian atasnya ditulis sesuai kategori.
Seluruh karya yang masuk menjadi hak milik panitia.
Apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggungjawab terhadap hal tersebut.
KETENTUAN KHUSUS

1. LOMBA FILM PENDEK      

Durasi film 7—10 menit (sudah dengan credit title)
Menggunakan kamera jenis apa pun dengan minimum resolusi 800 x 600 px.
Jika terdapat konten berupa video/musik/hasil karya apa pun yang merupakan hak cipta milik orang lain, peserta wajib melampirkan surat persetujuan penggunaan karya tersebut atau menyebutkan sumbernya.
Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan film adalah bahasa Indonesia, Bahasa asing, atau pun Bahasa daerah. Jika menggunakan Bahasa asing atau daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam bahasa Indonesia.
Setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu judul film terbaiknya.
Peserta harus melampirkan datadiri, judul dan sinopsis film.
Materi film yang diikutkan lomba dikirim dalam DVD dengan format MOV, AVI, MPEG.
Peserta harus mempunyai master video dengan kualitas baik (HD atau Full HD) untuk penayangan penjurian.
Film yang dikirimkan berhak disiarkan atau ditayangkan oleh panitia untuk keperluan mediasi pendidikan atau sosialisasi.
Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) karya film dikirimkan ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Jl. SosioHumaniora No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281.
2. LOMBA FOTOGRAFI

1. Foto dicetak ukuran A3, dof (2 lembar per karya)

       2. Dilampiri dengan identitas peserta, judul foto, informasi yang berkenaan                 dengan foto, dan kamera yang dipakai di lembar lain.

      3. Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya foto dikirimkan ke                     Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Jl. SosioHumaniora No. 1,                 Bulaksumur, Yogyakarta 55281.

3. LOMBA PENULISAN PUISI

Puisi ditulis dengan bahasa Indonesia
Puisi ditulis dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 – 2.
Peserta dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) judul puisi terbaiknya, dikirimkan ke email : anugerahsastraseni@ugm.ac.id
4. LOMBA PENULISAN CERPEN

Cerpen menggunakan bahasa Indonesia
Cerpen ditulis dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 – 2 dengan kisaran 6-8 halaman kuarto.
Peserta hanya dapat mengirimkan 2 (dua) judul cerpen terbaiknya, dikirimkan ke email : anugerahsastraseni@ugm.ac.id
5. LOMBA KRITIK SASTRA

Kritik ditulis menggunakan bahasa Indonesia
Naskah diharapkan mengangkat isu-isu terkini tentang kesusastraan dan menggunakan perspektif baru dalam mengkaji karya sastra.
Naskah ditulis dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 – 2 dengan kisaran 10 – 15 halaman kertas kuarto.
Apabila memuat sejumlah kutipan diharuskan menuliskannya dengan format penulisan ilmiah dan menuliskan referensi tersebut dalam daftar pustaka.
Peserta hanya dapat mengirimkan 2 (dua) karya terbaiknya, dikirimkan ke email : anugerahsastraseni@ugm.ac.id
6. FILM PROFIL FAKULTAS ILMU BUDAYA

Durasi film 5 -7menit (sudah dengan credit title)
Isi mengenai  profil  Fakultas  Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada
Menggunakan kamera jenis apa pun dengan minimum resolusi 800 x 600 px.
Jika terdapat konten berupa video/musik/hasil karya apa pun yang merupakan hak cipta milik orang lain, peserta wajib melampirkan surat persetujuan penggunaan karya tersebut atau menyebutkan sumbernya.
Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan film adalah bahasa Indonesia, Bahasa asing, atau pun Bahasa daerah. Jika menggunakan Bahasa asing atau daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 2 (dua) film terbaiknya.
Peserta harus melampirkan data diri, judul dan sinopsis film dalam lembar.
Materi film yang diikutkan lomba dikirim dalam DVD dengan format MOV, AVI, MPEG.
Peserta harus mempunyai master video dengan kualitas baik (HD atau Full HD) untuk penayangan penjurian.
Film yang dikirimkan berhak disiarkan atau ditayangkan oleh panitia              untuk keperluan mediasi pendidikan atau sosialisasi.
Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) karya film, dikirimkan ke:         Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Jl. SosioHumaniora No. 1,       Bulaksumur, Yogyakarta 55281
7. PENULISAN MEME

Karya meme merupakan karya pribadi dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba.
Karya yang dikirimkan bukan merupakan hasil plagiat, tidak menggunakan unsur SARA, pornografi atau merendahkan pihak lain.
Karya dikirimkan dalam format JPEG (dalam CD atau melalui email :                 anugerahsastraseni@ugm.ac.id
Peserta dapa tmengirimkan maksimal 3 (tiga) karya terbaiknya.
Peserta harus menyertakan lampiran data diri, jika dikirimkan dalam            bentuk CD ke alamat : Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Jl.      Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281


Hadiah Lomba
(1)   Film  Pendek

Juara 1  : Rp 10.000.000,00

Juara 2  : Rp 7.500.000,00

Juara 3  : Rp 5.000.000,00

(2)   Kritik Sastra dan Film Profil FIB

Juara 1  : Rp 7.500.000,00

Juara 2  : Rp 5.000.000,00

Juara 3  : Rp 3.000.000,00

(3)  Fotografi, Penulisan meme, Puisi dan Cerpen

Juara 1  : Rp 6.000.000,00

Juara 2  : Rp 4.000.000,00

Juara 3  : Rp 2.500.000,00

Tentang Penulis

masarul

Author & Editor

Melalaui karya aku berteriak lantang kepada dunia. Melalui tulisan aku kiaskan perasaan yang dapat diungkapkan lewat lisan.

 
masarul.com © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates